Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Benahi Transportasi Umum di Batam

Sistem transportasi umum di Batam masih sangat memprihatinkan. Taksi berpelat hitam berkeliaran dimana-mana, ratusan armada angkutan tak layak masih beroperasi, trayek yang tak ideal, hingga minimnya sarana transportasi massal dari pemerintah. Dinas Perhubungan (Dishub) Batam dinilai sebagai pihak yang paling bertanggung jawab dalam persoalan ini.

BATAM POS, Batam

Mahasiswa S2 Teknik Transportasi Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Andri Kurniawan, menyebut ada beberapa pekerjaan rumah Dishub Batam yang harus segera diselesaikan terkait sistem transportasi di kota industri ini. Sehingga warga metropolis ini bisa mendapatkan layanan transportasi umum yang nyaman, aman, dan murah.

Pertama, Andri menilai perlunya ketegasan Dishub Batam soal peremajaan armada angkutan umum (angkot). Sebab berdasarkan data Dishub Batam sendiri, setidaknya ada 800 armada angkot yang sebenarnya tak layak beroperasi.

”Bukan hanya tak nyaman dan tak aman, tapi juga tak layak pandang,” kata Andri.

Mantan Kepala Seksi (Kasi) Lalulintas Dishub Kota Batam ini juga menilai perlunya rekayasa lalulintas di Batam. Sebab saat ini jumlah kendaraan dan volume ruas jalan di Batam sudah tak seimbang lagi.

”Kalau tak dilakukan rekayasa, maka kemacetan akan terjadi di mana-mana,” kata Andri.

Pekerjaan rumah lainnya, Dishub Batam perlu mengevaluasi trayek angkutan umum. Sebab trayek yang ada di Batam saat ini merupakan trayek yang dibuat pada 2011 silam. Hingga saat ini belum ada perubahan.

Padahal, kata Andri, selama rentang waktu 2011-2016 sudah banyak perubahan di kota ini.

”Trayek yang ada sudah tak ideal lagi. Banyak Wilayah yang belum terjangkau angkutan umum,” kata Andri, Minggu (27/3/2016).

Terkait trayek ini, Andri mengatakan Dishub Batam juga perlu mengatur warna armada angkutan umum sesuai jurusannya. Sehingga tidak ada lagi sopir angkutan yang menyalahi trayek apalagi berebut penumpang di jalan raya.

Jumlah armada Trans Batam juga perlu ditambah. Andri menyebut jumlah Trans Batam yang ada saat ini masih sangat kurang. Ini jika dilihat dari minimnya daya tampung penumpang Trans Batam. Andri memperkirakan persentase load factor-nya ada di kisaran 7r5 persen saja.

”Banyak penumpang (Trans Batam) yang berdiri, artinya load factor-nya sudah tinggi. Terutama jurusan Sekupang-Batamcentre,” ungkap mahasiswa yang mendapatkan beasiswa S2 dari Pemko Batam ini.

Selain memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang, keberadaan angkutan massa seperti Trans Batam ini juga dinilai efektif mengurai kemacetan di jalan raya. Jadwal keberangkatannya juga diatur sehingga tidak akan mengganggu moda transportasi lain. Serta, Trans Batam hanya menaikkan atau menurunkan penumpang di halte yang resmi.

”Jadi keberadaannya tak perlu diperdebatkan oleh pengusaha transportasi umum lainnya,” kata dia.

Sementara anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Idawati Nursanti, menyebutkan operasional Trans Batam selama ini turut menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) yang cukup signifikan. Pada 2015 lalu, realisasi penerimaan daerah dari Trans Batam mencapai Rp 2,4 miliar. ”Targetnya terus meningkat. Tahun 2016 ini Rp 3,6 miliar,” katanya.

Perlu Tambah Armada

Sejumlah warga yang ditemui Batam Pos mengaku perlunya pemerintah menambah armada Trans Batam. Sebab Trans Batam dinilai lebih nyaman dan aman.

”kalau sopir angkot suka seenaknya,” ujar seorang warga, Diman, saat ditemui di halte Trans Batam SMPN 3 Batam.

Namun Dimas mengaku kecewa karena saat ini pemerintah justru mengurangi jam operasional Trans Batam. Dia berharap pemerintah mengembalikan jam operasional angkutan murah itu seperti sebelumnya. ”Bila perlu ditambah.” ujar Dimas.

Sementara itu, petugas Dishub Batam di Halte Mega Mall, Fitri, mengatakan jumlah penumpang bus Trans Batam jurusan Batamcenter-Batuaji berkurang drastis setelah adanya pengurangan jam operasional menyusul demo supir angkot beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, jumlah penumpang bus Trans Batam jurusan Batamcenter-Batuaji bisa mencapai 200-an orang dalam satu hari. Sekarang, setelah adanya pengurangan ini, jumlah penumpang bus Trans Batam jurusan Batamcenter-Batuaji tidak sampai 100-an orang.

”Gak tentu mas, sekarang kalau pagi jam 8.00 WIB, hanya ada dua atau tiga penumpang yang naik. Tidak ada lagi pelajar dan pekerja yang naik kalau jam segitu,” kata Fitri.

Pengamat transportasi Batam, Lukman Hakim, juga menyayangkan keputusan pemerintah yang mengurangi jam operasional Trans Batam itu. Dia juga mengkritik para sopir angkota yang memprotes operasional Trans Batam.

”Kemarin banyak angkutan swasta demo karena Trans batam buka rute baru. Daripada demo, mengapa tidak meningkatkan pelayanannya saja,” ujarnya.

Menurut dia, penambahan bus Trans Batam dan pembukaan koridor mutlak diperlukan karena angkutan swasta di Batam tidak mampu melayani penumpang dengan baik.

Senada dengan Lukman, Dosen Transportasi Universitas Internasional Batam (UIB), Atik Wahyuni mengatakan sarana transportasi milik pemerintah memang ada, namun sangat jauh dari kata efektif.

”Trans Batam yang sekarang armadanya kurang dan terkadang mereka tidak tepat waktu,” ungkap Atik.

Ketidaktepatan waktu membuat para pekerja yang butuh tranportasi menjadi ragu menggunakan jasa Trans Batam karena takut terlambat kerja, jadinya malah memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Ditlantas Polda Kepri juga mendorong Pemko Batam terus menambah rute dan armada Trans Batam.

”Kami yakin dengan meningkatkan pernanan transportasi massa maka akan mengurangi angka lakalantas yang ada di Batam,” kata Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kepri, AKBP Agus Fajarudin.

Agus mengatakan pihaknya telah mengimbau dan meminta masyarakat agar memilih menggunakan transportasi massa. Hal ini disampaikan olehnya dalam program police goes to industry.

”Kami sudah meminta, dan tapi tentu pemerintah wajib menyediakan transportasi yang layak dan aman,” ujarnya.

Sementara itu, meski sempat didemo, rute baru Trans Batam dari Batamcenter-Piayu dan Batamcenter-Jodoh mulai dioperasikan, akhir pekan lalu. Namun jam operasionalnya diundur satu jam menyusul protes dari para sopir angkutan.

”Sekarang mulai pukul 08.00 dan saingannya banyak, penumpang pilih naik angkutan lain. Jumlah yang naik turun drastis,” kata Bagian Pengawas Tengah Bus Trans Batam, Hamid Lobih.

Bertugas sebagai pengawas dan mencatat jumlah penumpang, Hamid  mengatakan biasanya satu hari dijadwal operasi yang lama, mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB bisa mencapai dua kali lipat dari penumpang yang sekarang. Hanya berkisar 300 penumpang.

”Kadang sampai 300, kadang kurang dari itu. Gak tentu sekarang jumlahnya,” ujarnya.

Ia menambahkan meski rute Batamcenter-Batuaji berkurang, namun untuk rute yang baru dibuka disambut warga dengan antusias. Lima bis tujuan Batamcenter-Piayu dan tujuh bis tujuan Batamcenter-Jodoh.

”Walau masih banyak yang nanya, dua hari dibuka warga menerima sekali. Sudah banyak yang naik juga,” jelasnya.

Lima Koridor

Berdasarkan data Dishub Batam, saat ini Trans Batam memiliki lima koridor dan ditargetkan menjadi enam koridor pada tahun 2016. Sementara pada 2019 mendatang, Trans Batam ditargetkan memiliki 11 koridor.

Koridor-koridor tersebut yakni Sekupang-Batamcenter, Tanjunguncang-Batamcenter, Sekupang-Jodoh, Batamcenter-Jodoh, serta Batamcenter-Tanjungpiayu.

Adapun jam operasionalnya yakni Sekupang-Batamcenter dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Tanjunguncang-Batamcenter dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, yang sekarang berubah jadi pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Sekupang-Jodoh dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Batamcenter-Jodoh dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Batamcenter-Tanjungpiayu dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, dan rencana ke depan diubah menjadi pukul pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Kepala UPTD Trans Batam, Abdul Madian kepada Batam Pos mengatakan satu koridor yang yang akan dibangun pada 2016 adalah koridor Batamcenter-Nongsa.

”Kita sekarang miliki lima koridor, satu lagi APBD P kita usahakan ditambah satu itu,” katanya.

Menurutnya jika mencukupi anggaran pada APBD P ini, di tahun 2017 langsung akan ditambah tiga koridor, dari rencana tahun 2017 yang hanya dua koridor.

”Kita tiga saja di 2017 nanti.  Rencana 2017 itukan Tanjunguncang-via Tanjungriau- Sekupang dan Nongsa-Punggur,” ungkapnya.

Lanjut dia, program pengembangan BRT atau Busway merupakan salah satu rencana  strategis Kementrian Perhubungan tahun 2015-2019.

”Ada 34 kota besar, salah satunya Batam. Jadi ini sudah program nasional dan Batam Alhamdulillah mendapat perhatian,” tuturnya. Batam juga akan mendapat pengembangan kereta perkotaan di 10 kota metropolitan.

Selain Trans Batam, bus sekolah yang khusus mengangkut pelajar hinterland dirasa perlu untuk ditambah. Tahun ini, Dishub Kota Batam mengajukan lima bus sekolah ke Kementrian Perhubungan.

”Tapi biasanya dari Kementrian biasa maksimal tiga untuk tiap daerah untuk bis sekolah, cuman kita upayakan kalau bisa lima,” kata Kasubag TU UPTD Pelayanan Jasa Transportasi Dishub Kota Batam, Bambang Sucipto, kemarin.

Menurut Bambang kini bus sekolah yang beroperasi di hinterland Batam berjumlah enam unit dan melayani enam lokasi penjemputan.

”Satu di antaranya merupakan bus Trans Batam yang AC-nya tak hidup dan dialihkan menjadi bus sekolah pada penghujung tahun 2015 lalu,” ujarnya.

Lanjut dia, jumlah bus yang kini ada tak sebanding dengan jumlah murid yang biasa memakai jasa angkutan gratis itu.

”Satu mobilkan 30 seat, sekali angkut anak bisa 100 orang. Satu seat yang biasa dua orang bisa empat orang. Malah banyak yang berdiri,” ujarnya.

Idealnya, kata Bambang, satu lokasi penjemputan perlu ditambah satu unit bis. Apalagi menurutnya setiap tahun murid akan bertambah.

”Kalau sekarang ngangkutnya 100 orang minimal 50 orang lah satu bis, tidak desak-desakan seperti itu,” ungkapnya. (hgt/leo/ska/cr13/cr16/Julita Sari)

March 28, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: