Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Warga Batam Takut Beli Kios Liar

Tim Terpadu Akan Melakukan Penertiban

RENGGA-ALFIAN, Batamkota

Belasan kios yang disinyalir tidak memiliki izin di Simpang Frengky Batamcentre ternyata kurang diminati warga. Harga terjangkau yang selalu diiming-iming pengelola kios tampaknya tidak membuat warga tergiur untuk memilikinya.

”Rencana mau beli. Tapi saat tahu tak ada surat-suratnya jadi takut,” ujar Neti, warga Perumahan Taman Valencia di lokasi, Rabu (30/3/2016).

Ia mengaku, memiliki kios yang tidak memiliki surat resmi ini sangat beresiko. Apalagi, pada saat penertiban nanti, kios-kios ini tidak akan diakui.

”Sedikit-sedikit kita juga tahu. Karena tak ada izin, makanya tak jadi beli,” tutur Neti.

Pantauan Batam Pos di Simpang Frengky, puluhan kios tampak memadati buffer zone jalan. Bukan hanya kios-kios lama, beberapa kios baru juga tampak dalam proses pembangunan. Dari sekian banyak kios, di sudut jalan ada kantor satu ormas.

Salah seorang pengelola kios mengaku, beberapa bulan terakhir, bisnis jual beli serta sewa kios menurun dibanding bulan-bulan sebelumnya. Biasanya, ia bisa menjual dua sampai tiga kios setiap bulannya, namun kini hanya satu kios saja.

”Agak sepi bang. Biasanya yang di ujung sana, cepat lakunya,” ujarnya sambil menujuk beberapa kios yang telah dihuni.

Meskipun tak memiliki izin resmi dari pihak terkait, ia mengaku bisa menjamin keberadaan kios ini.

”Kalau mau beli tak usah takut lah. Kita bisa jamin kok, kemarin saja ada dari aparat yang beli,” katanya saat mencoba meyakinkan.

Untuk harga jual, sebutnya, kios ini dibanderol Rp 40 juta sampai Rp 80 juta. Kios yang berukuran 3×4 ini dibangun permanen, atap spandek dan pintu rolling door.

”Kalau yang ini paling luas, harga Rp 80 juta,” jelasnya.

Ironisnya lagi, masing-masing kios ini sudah dilengkapi dengan meteran listrik. Masing-masing kios memiliki meteran sendiri-sendiri. Begitupun dengan air disuplai langsung dari ATB. Di setiap belakang kios memiliki pipa air.

Keberadaan kios di Simpang Frengky ini diketahui sebagai penyebab utama kemacetan. Selain itu, jika dilihat dari aspek hukum, keberadaan kios liar di buffer zone semakin memperkeruh ketidakpastian hukum di Batam. Untuk itu, sudah seharusnya pemerintah tegas mengambil tindakan dalam menangani kios liar ini.  Tim Terpadu Gunakan Martil

Untuk melakukan penertiban kios liar mulai Senin depan, Satpol PP bersama tim terpadu lainnya yakni polisi, dan TNI akan terus berkoodinasi. Dipastikan dalam penertiban kios liar, tim terpadu tidak akan menggunakan alat berat. Tetapi cukup menggunakan martil atau palu pemecah batu.

”Tidak perlu alat beratlah. Itu mudah saja untuk dirobohkan. Martil besar, cukuplah,” kata kepala Satpol PP Pemko Batam, Hendri.

Hendri mengatakan kondisi bangunan kios liar seperti yang ada di Pasir Putih, dekat Perumahan Tropicana mudah dirobohkan. Tetapi proses penertibannya masih tetap dibicarakan.

”Kita berharap tidak ada halangan. Tetapi memang yang di Pasir Putih ini, yang pertama akan kita tertibkan,” katanya.

Menurut Hendri, izin pembangunan kios liar di sana sama sekali tidak ada. Di mana izin yang didapat di sana adalah untuk taman bunga.

”Jadi izinnya disalahgunakan. Dan memang hampir semua kios liar itu izinnya tidak ada,” katanya.

Setelah penertiban kios liar di Pasir Putih, maka akan dilakukan lagi penertiban kios liar di titik lainnya. Namun Hendri enggan menyebut kios liar yang dimaksud.

”Intinya akan terus kita lakukan penertiban. Tetapi akan kita lakukan bertahap. Tentunya kita sesuaikan dengan anggaran,” katanya. ***

March 31, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: