Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

10 Rumah di Ocean Park Batam Terbakar

Api Bersumber dari Rumput yang Dibakar

Sepuluh rumah di Perumahan Ocean Park blok A nomor 111-121, Kelurahan Tanjungriau, Sekupang terbakar, Kamis (31/3/2016) siang.

Menurut Anita, 26, penghuni rumah nomor 116, sebelum kebakaran, petugas kebersihan perumahan diketahui sedang memotong dan membakar rumput di lahan kosong di belakang deretan blok rumah yang terbakar itu.

”Sekitar pukul 12.00 WIB, saya keluar jemur pakaian di belakang rumah, saya lihat ada orang potong rumput di lahan kosong. Mereka membakar rumput di ujung sana (lahan kosong),” kata Anita.

Tak lama kemudian Anita masuk ke dalam rumahnya. Tiba-tiba kepulan asap tebal masuk ke dalam rumahnya. ”Nggak sampai 30 menit, tiba-tiba api sudah sampai di belakang rumah,” ujar Anita.

Saat itu, Anita melihat sejumlah pekerja pemotong rumput sibuk memadamkan api, namun upaya itu terlambat. Tiupan angin kencang ke arah perumahan membuat api cepat merambat ke bagian belakang rumah tersebut.

”Api masuk pertama di rumah yang saya tempati ini (116) dan sebelahnya (nomor 115),” kata Anita sambil menunjukan dua rumah yang duluan dilalap api.

Lalu api cepat merambat ke kiri dan kanan sehingga satu blok rumah tersebut terbakar. Kebakaran itu kata Anita terjadi cukup cepat. Sementara petugas pemadam kebakaran lambat menanggapi laporan warga.

Warga dan petugas keamanan di perumahan itu hanya bisa memadamkan dengan peralatan yang seadanya. Upaya warga itu tak berarti apa-apa. Api semakin liar dan membakar semua rumah tersebut.

Yoga, warga lain yang rumahnya berseberangan dengan rumah yang ditempati Anita juga menuturkan dari seretan rumah yang terbakar itu kata Yoga, hanya tiga rumah yang ditempati yakni rumah nomor 116, 114 dan 113. Sementara tujuh unit rumah lain tak berpenghuni.

Menurut Andre salah satu warga lainnya, kerugian akibat kebakaran itu bisa mencapai miliaran rupiah.
Selain di perumahan ini, kemarin kebakaran juga terjadi di tempat lain di Sekupang. Tepatnya di hutan depan Kantor Pelni Sekupang dan di hutan Seiladi.

Lebih 35 Kasus Kebakaran

Penanggulanan Bahaya Kebakaran (PBK) BP Batam mencatat selama Maret 2016 ini ada 40 lebih kejadian kebakaran. ”Yang pasti lebih dari 40 kejadian. 25 Maret saja sudah 35 kebakaran,” Kata Kasubdit PBK BP Batam, Slamet Riyanto, kemarin.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batam memastikan Batam tidak memiliki titik api.

”Masyarakat diminta tidak membakar lahan, karena kondisi Batam yang sudah mulai memasuki musim kemarau,” kata Kepala Pelaksana BPBD, Azman.

Sementara itu, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam, Aditya Rakoso menyebutkan saat ini suhu di Batam berkisar 26-32 derajat celcius. (eja/cr13/cr17/cr14)

April 1, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: