Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Sirkuit Marina Gokart Batam Datangkan Wisatawan Luar Negeri

Mendekati Standar Iternasional dengan Panjang Lintasan 1000-1100 meter

SEKUPANG (BP) – Sirkuit Marina Gokart di Marina City, Sekupang resmi dibuka kembali setelah vakum beberapa tahun terkahir. Pembukaan sirkuit Marina ini dihadiri beberapa komunitas otomotif di Batam, Kapolsek Sekupang, Kompol Ferry Afrizon dan Soeryo Respationo.

Marina Circuit Gokart_Dalil image 2

Tamu dan undangan mencoba gokart di Marina Circuit Gokart, Marina, Sekupang usai pembukaan serkuit tersebut, Sabtu (2/4). F Dalil

Pengelola sirkuit Marina, Doz Kartiko mengatakan, lintasan sirkuit Marina ini memiliki panjang 900 meter, lebar delapan meter dan mempunyai enam belokan.

“Sirkuit ini mendekati standar internasional yang panjang lintasannya 1000-1100 meter,” ujarnya, Sabtu (2/4/2016).

Sirkuit Marina Gokart menyediakan delapan unit gokart untuk rental dan enam unit gokart full racing. Delapan unit gokart untuk rental ini disewakan untuk umum dari mulai umur tujuh tahun dan kecepatan maksimalnya 60 km/jam. Sedangkan enam unit gokart full racing disediakan untuk profesional atau untuk ajang balapan.

“Kecepatan maskimalnya bisa mencapai 120 km/jam,” kata Doz.

Sirkuit Marina Gokart ini dibuka setiap hari. Senin sampai Kamis dari pukul 13.00-21.00 WIB dengan harga sewa Rp 125 ribu tiap 10 menit. Untuk hari Jumat sampai Minggu, dibuka dari pukul 10.00-22.00 WIB dengan harga sewa Rp 175 ribu tiap 10 menit. Namun khusus selama bulan April 2016 ini pengelola memberikan diskon khusus.

“Cuma Rp 100 ribu tiap 10 menit, setiap hari selama bulan April,” ujar Doz.

Doz mengatakan, sirkuit ini juga mempunyai kafe dan sudah dilengkapi alat transponder, yaitu alat pengukur waktu tiap putaran.

“Jadi kita bisa lihat waktu yang dilalui pebalap dalam satu putaran,” jelasnya.

Pihaknya juga sudah menyediakan perlengkapan keselamatan berupa helm, kaus tangan, jaket dan kostum standar pebalap gokart.

Sirkuit ini juga bisa disewakan untuk klub motor yang ingin adu balap. Jadi mereka hanya menyewa sirkuitnya dan motor dari mereka sendiri.

“Biaya sewanya Rp 100 ribu tiap tiga jam,” tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya sirkuit ini bisa dijadikan tempat berkumpul masyarakat maupun teman-teman dari komunitas otomotif.

Sementara itu, investor untuk sirkuit Marina, Oke Junjunan mengatakan alasannya menjadi investor untuk sirkuit ini adalah ingin mengembangkan olahraga otomotif sekaligus mencari bibit-bibit muda potensial dari Batam.

“Dan juga menarik dan mendatangkan wisatawan dari luar negeri tentunya,” ungkapnya.

Kedepannya, ia ingin mengadakan kejuaraan tahunan yang akan digelar di sirkuit ini baik untuk gokart maupun motor. “Semoga sirkuit ini menghasilkan pebalap yang berprestasi,” ujar mantan pebalap nasional ini.

Kompol Ferry Afrizon mengatakan, dengan adanya sirkuit ini, bisa menarik anak-anak muda untuk menyalurkan hobi dan bakatnya di tempat yang legal.

“Daripada balapan liar di jalanan yang bisa mengganggu warga, lebih baik balapan di sini,” ujarnya.

Soeryo Respationo mengungkapkan, salah satu problem dalam olahraga otomotif di Indonesia adalah minimnya sarana dan prasarana olahraga. Salah satu upayanya adalah menyediakan tempat, sarana dan fasilitas olahraga khususnya otomotif.

“Semoga dengan adanya sirkuit ini bisa menghasilkan pebalap-pebalap yang bisa berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Vino dari komunitas Suzuki FU 150 Rider Batam berharap, dengan adanya sirkuit ini bisa menghasilkan atlet pebalap nasional.

“Dan tidak ada lagi balapan liar di jalanan yang sering ugal-ugalan dan meresahkan masyarakat,” ujarnya. (cr16)

April 3, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: