Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Batik Air-Transnusa Tabrakan di Bandara

JAKARTA (BP) – Pesawat Batik Air tujuan Makassar bertabrakan dengan pesawat Transnusa di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/4/2016). Meski tak ada korban jiwa, sejumlah penumpang pesawat tersebut mengaku trauma.

Berdasarkan informasi dari salah seorang penumpang Pesawat Batik Air, Gunawan, sebelum tabrakan terjadi, pesawat sempat berputar-putar di runway. Tiba-tiba ada ledakan kencang dan membuat penumpang panik.

“Dari awal saya sudah punya feeling ada yang janggal pada penerbangan ini, karena pesawat muter-muter saja di runaway, seperti menghindari sesuatu,” ungkap Gunawan saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma, tadi malam.

“Kemudian saya mendengarkan ledakan kencang sekali, ada semacam korslet atau burung masuk saya nggak tahu, yang jelas ada api,” lanjutnya.

Saat ini penumpang Pesawat Batik Air bertipe Boeing 737-800 NG tersebut sudah turun dan dievakuasi di lounge Bandara Halim. Gunawan sendiri mengaku tidak melihat jelas soal ledakan akibat tabrakan.

“Saya tidak merasakan, yang jelas ada dentuman, kencang sekali. Begitu mendengar ledakan itu, saya berharap pilot langsung hentikan,” jelas dia.

Benar saja, setelah dentuman itu pilot Batik Air langsung menghentikan pesawat dan meminta penumpang untuk turun dari seluncuran tangga darurat. Sebanyak 49 penumpang langsung lari menyelematkan diri begitu turun karena melihat di bagian sayap pesawat masih ada api yang berkobar.

“Turun melalui pintu darurat, kita langsung terjun seperti orang main perosotan dan kita lari karena melihat bola api masih terlihat dari sayap,” tutur Gunawan.

Pesawat Batik Air membawa tujuh awak pesawat. Para kru pesawat disebut sempat panik. Meski begitu, kata Gunawan, mereka tetap kooperatif dan membantu penumpang untuk menyelamatkan diri.

“Awak pesawat panik, pilot langsung teriak fire! fire!,” ucapnya.

Gunawan pun menyatakan lebih memilih menunda perjalanannya ke Makassar menyusul insidentersebut.

“Saya putuskan menenangkan diri dulu di rumah,” katanya.

Public Relations Manager Lion Air Group -pengelola Batik Air, Andy M Saladin, mengatakan, ada 49 penumpang dan 7 kru di dalam pesawat Batik Air tersebut. Para penumpang itu nantinya akan diberangkatkan dengan maskapai lain.

Andy menjelaskan, saat itu Batik Air sudah mendapat izin untuk take off oleh menara pengawas (ATC) Halim Perdana Kusuma. Namun tiba-tiba langsung bersenggolan dengan Transnusa yang sedang ditarik traktor.

“Karena hal itu Pilot in Command memutuskan untuk membatalkan take off (aborted take off) untuk memastikan keselamatan penumpang,” jelas Andy.

Sementara Kementerian Perhubungan memaparkan kronologi insiden tabrakan Pesawat Batik Air dan Transnusa sekitar pukul 19.55 WIB, tadi malam.

“Pada saat pesawat Batik Air sedang lepas landas, pada saat yang bersamaan terdapat pesawat Transnusa yang berada di run way yang sedang di-towing menuju hanggar,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Kemenhub, J.A.Barata di Jakarta.

Dalam insiden ini, Transnusa mengalami kerusakan pada bagian ekor pesawat dan sayap bagian kiri. Sedangkan Batik Air rusak pada bagian ujung sayap sebelah kiri.

“Tidak terdapat kerugian atau korban jiwa pada kecelakaan ini. Semua penumpang dan kru pesawat pesawat dapat dievakuasi dengan selamat,” katanya.

Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementara menyusul insiden ini. Penutuan tersebut sesuai notice to airmen (Notam) Nomor A1004 sampai dengan estimasi tanggal 4 April 2016 pukul 22.00 WIB karena proses evakuasi. (ant/jpgrup)

April 5, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: