Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Pencairan JHT di Nagoya Batam Membludak

BPJS Ketenagakerjaan Sarankan Lewat Online dan SPO

ADIANSYAH-YULITAVIA, Batuampar

Antrean pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Batam di Nagoya, tiap hari membludak. Sayangnya, pihak BPJS hanya mengeluarkan 100 nomor antrean per harinya. Akibatnya, tidak sedikit warga yang tak kebagian nomor antre terpaksa harus pulang dengan kecewa.

”Terpaksa datang besok lagi, sekuritinya suruh begitu,” kata Arifin, warga Batamcenter yang mengaku sudah tiba di kantor BPJS sejak pukul 06.00 WIB, Selasa (5/4/2016).

Peningkatan jumlah peserta BPJS yang akan mencairkan JHT dibenarkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batam, Achmad Fatoni. Namun, kata dia, untuk mengurai hal tersebut pihaknya telah memiliki beberapa cara di antaranya permohonan klaim JHT via online atau yang dikenal e-klaim.

”Saran saya tak perlu desak-desakan. E-klaim tak dibatasi waktu dan tempat, tinggal googling saja,” kata Fatoni kepada Batam Pos, Selasa (5/4/2016) pagi.  Selain itu, sambungnya, pihaknya juga sejak 28 Maret 2016 lalu telah bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) membuka jaringan Service Point Office (SPO).

Di Batam, untuk sementara ada dua kantor BNI, yakni BNI Nagoya serta BNI Sekupang. ”Dalam waktu dekat rencananya ada tambahan SPO empat lagi, kita sudah diskusikan dengan pimpinan BNI Batam,” katanya lagi.

Lewat SPO, lanjut Fatoni, pihak bank akan melayani hingga 50 transaksi dari Senin hingga Jumat pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Menurutnya, menempuh dua jalur tersebut juga dapat meniadakan ruang calo.

”Lewat e-klaim dan bank bisa memutuskan mata rantai calo,” ungkapnya.

Ditanya soal sikap BPJS Ketenagakerjaan jika mendapati calo, Fatoni mengatakan mengambil langkah tegas dengan melaporkan ke kepolisian. Apalagi calo tersebut mengatasanamakan BPJS Ketenagakerjaan.

”Kita akan lapor polisi. Kami imbau janganlah pakai calo. Tulisan imbauan juga banyak kita sebarkan,” terangnya.

Fatoni menambahkan, tahun ini, terhitung sejak Januari hingga Februari tercatat 7.412 pencairan telah dilakukan dengan total Rp 57.409.110.965, 63.

Kondisi tak jauh berbeda juga terjadi di BPJS Ketenagakerjaan Cabang II Sekupang. Akibat banyaknya antrean pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan yang ingin mengajukan pencairan JHT, sehingga tidak menerima lagi pendaftaran di kantor BPJS yang berlokasi di Tiban Impian, Sekupang itu.

”Mulai hari ini (kemarin) kita tidak buka layanan pendaftaran lagi,” kata Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang II Sekupang, Eka Kartika, kemarin.

Dia mengatakan, semua pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan yang ingin melakukan pencairan disarankan untuk mendaftar melalui e-klaim dan rekanan dalam hal ini BNI cabang Sekupang.

”Ke depannya kita akan jalin rekanan lebih banyak lagi,” ucapnya.

Menurutnya, untuk pencairan cukup melampirkan data, seperti Kartu Keluarga, KTP, kartu peserta, dan surat pengalaman kerja.

”Asalkan data lengkap, pencairan bisa cepat diproses. Paling lama 10 hari,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, saat ini sudah ada sekitar 5.678 pengguna BPJS Ketenagakerjaan mendaftar dan sedang menunggu untuk proses pencairan hingga 3 Juni 2016. Besarnya pengajuan pencairan rata-rata Rp 5 juta. ”Satu hari kita bisa layani sekitar 200 peserta,” sebutnya.

Dikatakan Eka, selama Januari hingga 28 Maret 2016 BPJS Ketenagakerjaan Sekupang sudah mencairkan lebih dari Rp 31 miliar.

”Satu bulannya pencairan bisa mencapai Rp 10 miliar,” ujarnya. ***

April 6, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: