Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Masakan Padang Lidah Bergoyang di Ruteng NTT

“Yaelah, masa udah jauh-jauh ke Ruteng, makannya nasi Padang juga?”

Begitulah tanggapan teman-teman saat mengetahui saya sedang asyik menyantap sepiring nasi padang di sebuah rumah makan Padang di Ruteng, ibukota kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Lha gimana lagi, bagi saya (dan saya yakin juga bagi kebanyakan orang) masakan Padang sudah menjadi andalan, kapanpun dan dimanapun, apalagi ketika kita traveling. Selain  rasanya jelas enak karena spicy, halal, harganya terjangkau, porsinya pun relatif banyak jadi bikin lidah bergoyang dan perut pun kenyang. At least, begitulah kesan kebanyakan orang tentang masakan Padang. Maka tidak heran jika makanan Padang memiliki berjuta penggemar.

Entah disadari atau tidak, fenomena ini menjadi bukti kekuatan budaya merantau dari warga ranah minang. Kini, mereka ada dimana-mana. Bahkan di pelosok negeri ini untuk membangun bisnisnya. Salah satu contoh yang sudah berhasil adalah jaringan Rumah Makan Padang Sederhana yang terkenal lezat dan sudah membuka cabang di kota-kota besar di Indonesia.

Agak aneh memang, kenapa masakan dari ranah minang ini lebih terkenal dengan nama masakan Padang. Padahal secara umum, masakan Sumatera Barat berasal dari beberapa daerah lain seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Solok, Batusangkar, Pariaman, dan lain-lain. Namun entah mengapa sampai sekarang lebih terkenal dengan sebutan “masakan Padang”.

Masakan Minangkabau memiliki cita rasa yang khas, yaitu berbumbu, pedas dan cenderung asin. Saya pernah mengobrol dengan Bang Rizal, seorang penjual masakan Padang. Dia bercerita, masyarakat minang tidak menambahkan gula dalam setiap masakannya, seperti tradisi masakan Jawa. Konon, rasa manis dan gurih sudah didapatkan dari santan.
Nasi Padang Rumah Makan Sederhana

Rendang yang Bikin Lidah Bergoyang

Rendang, dendeng batokok, dendeng balado, ayam pop, itiak lado mudo, gulai kepala ikan kakap, gulai ikan patin, gulai tunjang, gulai kambiang, perkedel, dan lain-lain adalah jenis-jenis masakan andalan khas Minangkabau. So, which one’s your favorite? Kalau saya… semua!! hahaha *maruk*.

Masakan Minangkabau yang tersaji di rumah makan Padang di seluruh penjuru negeri ini sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia. Mulai dari rakyat sampai pejabat, dari direktur sampai kondektur. Masakan Padang bikin lidah bergoyang.

Sebagai karyawan kantoran, saya kadang merasa malas untuk keluar saat istirahat siang. Cuaca panas, hujan, polusi, laporan-laporan yang belum beres, meeting mendadak, conference call, adalah sebagian dari alasan-alasan tidak bisa keluar kantor. Namun ternyata, seiring perkembangan jaman & teknologi, semua itu bisa teratasi. Karena saat ini sudah ada Foodpanda, jasa pesan antar/delivery order makanan 24 jam. Sounds great, right?

Pemesanan makanan bisa dilakukan via website Foodpanda ataupun via aplikasi mobile yang bisa di download di google play maupun app store. Tinggal klik pilih lokasi, pilih restoran & makanan, proses pengantaran, bayar begitu makanan sampai. Masakan Padang favorit dari Rumah Makan Sederhana yang terkenal itu pun bisa dengan mudah di order via Foodpanda. Yeay!

Selain menu dari Indonesia seperti masakan Padang, Foodpanda juga menyediakan berbagai macam pilihan makanan, seperti Chinese, French, Indian, Italian & Pizza, Japanese, Korean, Mexican, Middle Eastern sampai Western food semua ada. Happy order!🙂

.

http://fahmianhar.com/2014/04/08/masakan-padang-lidah-bergoyang/

April 7, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: