Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Wagub NTB Muh Amin: Masyarakat Minangkabau Banyak Sukses di Rantau

Silaturahmi dengan Perantau Minang

WAKIL Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Muh Amin melakukan silaturahmi dengan masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat, yang tinggal dan telah resmi menetap menjadi warga NTB.

Silaturahmi berlangsung dalam acara Malam Pagelaran Seni dan Budaya Sehari di Ranah Minang, yang digelar di Gelanggang Pemuda Mataram, Sabtu,  25 April 2015.

Selain wagub, tampak hadir waktu itu Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Anggota DPR RI Willgo Zainar, SE, MBA, Kepala BNN Mataram Kombespol Drs. H. Mufti Djusnir selaku ketua panitia penyelenggara, serta para pemuka dan tokoh masyarakat Minang yang ada di NTB.

Berbagai atraksi kesenian daerah asli Minang juga ditampilkan untuk menyemarakkan suasana silaturahmi malam itu. Di antaranya, Tari Piring dan Tarian Pasembahan atau tari penyambutan bagi para tamu.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur NTB H. Muh Amin mengatakan bahwa hampir semua etnis di Indonesia ada di NTB. Salah satunya, adalah para perantau asal Minang, Sumatera Barat yang dikenal telah banyak mencatat sukses di perantauan.

“Kesuksesan orang Minang di perantauan membuat banyak masyarakat NTB kagum. Masyarakat Minang juga sudah sangat familier. Apalagi kulinernya,” puji Wagub Muh. Amin.

Ia berharap, hubungan silaturahmi antara masyarakat Minang di NTB dan seluruh masyarakat NTB dapat lebih erat terjalin. Silaturahmi yang baik itu, kata wagub, bisa menjadi  modal untuk bersama-sama berperan dalam mendorong kemajuan bagi daerah.

Apresiasi juga diberikan Wagub atas terselenggaranya silaturahmi yang dikemas dalam pagelaran seni dan budaya Minang ini.

Menurut wagub, selain mampu mengobati kerinduan tanah kelahiran, pagelaran juga untuk melestarikan budaya lokal yang dapat menangkal pengaruh negatif budaya asing.

‘’Dengan adanya pagelaran seni ini, saya berharap dapat menjadikan kita semakin bangga dan mencintai kekayaan seni dan budaya bangsa kita,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) NTB, Kombespol Drs H. Mufti Djusnir, selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan, acara bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara masyarakat Minang dengan masyarakat NTB.

Menurutnya, saat ini telah banyak masyarakat Minang yang tadinya hanya merantau memilih menetap dan menjadi warga NTB.

Ia juga menyebut sejumlah pejabat tingkat pusat asli Minang yang mengemban tugas di NTB dan saat itu turut hadir dalam silaturahmi.

Mereka itu diantaranya, Kepala BPK RI Perwakilan NTB  Aldi Mustafa, Kepala Pengadilan Tinggi  NTB Andriani, Kepala BPKP NTB Darius, Akdan  Kepala OJK NTB Yusri.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, menambahkan selain sebagai media apresiasi seni dan budaya daerah, acara juga menjadi kesempatan baik untuk mempererat jalinan silaturahmi antara masyarakat Minang dengan masyarakat NTB.

‘’Saya yakin, pagelaran seni budaya dan serangkaian acara yang telah diselenggarakan akan menjadi wahana dan wadah silaturahmi yang menjadi kenangan bagi seluruh masyarakat dan para pejabat asal Minang. Saya harapkan mudah-mudahan ini dapat mempererat silaturahmi dan tempat mengapresiasi budaya agar tidak melupakan kampung halaman,” ujarnya. ***

Penulis   : Subhannur

Editor     : Jibeng Ismono

http://www.ntbprov.go.id/berita-wagub-silaturahmi-dengan-warga-ntb-asal-minang.html

April 7, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: