Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Ponsel Outdoor Berguna ketika Hidup di Alam Liar

Bermanfaat ketika di Hutan, Sungai, Rawa, Bukit, Gunung

Situasi di alam liar tidak mungkin diprediksi secara tepat. Jika Anda terjebak di sebuah tempat yang mengharuskan Anda berhadapan dengan situasi untuk bertahan hidup, tentunya tidak banyak yang dapat dilakukan. Kegiatan di alam liar seperti hutan belantara atau pulau-pulau terkecil kerapkali memberikan pengalaman menyenangkan tersendiri.

Hutan 11 2

Memasuki hutan.

Tapi, di lain sisi telah banyak fakta berbicara bahwa tak sedikit korban yang harus melayang akibat kemampuan bertahan hidup di lokasi yang tidak memiliki banyak sumber daya. Jika berhadapan dengan situasi seperti itu, seluruh yang Anda miliki secara personal akan menjadi sangat berarti dan bermanfaat.

Ada begitu banyak peralatan outdoor yang dapat Anda manfaatkan untuk bekal bertahan hidup di alam liar. Namun, satu perangkat ponsel rupanya dapat dimaksimalkan penggunaannya jika berhadapan dengan keadaan dilematis seperti itu. Selain memiliki banyak aplikasi untuk kegiatan di luar ruangan yang dapat ditemukan dengan mudah, beberapa fitur lainnya di dalam ponsel pun dapat menjadi alat bertahan hidup yang bermanfaat.

Alat Penerangan

Hal pertama yang dapat dengan mudah Anda manfaatkan pada perangkat ponsel adalah menjadikannya sebagai alat penerangan. Jika kegiatan di luar ruangan Anda tidak dilengkapi dengan senter atau alat penerangan lainnya, ponsel dapat menjadi opsi terbaik. Ada beragam aplikasi yang dapat manfaatkan untuk membuat Anda mendapatkan secercah cahaya di gelapan.

Para pengguna perangkat iOS seperti iPhone, iPad, ataupun iPod Touch, Anda dapat memanfaatkan aplikasi besutan John Haney Software bernama Flashlight. Aplikasi ini memanfaatkan cahaya dari LED pada perangkat iPhone dan menampilkannya melalui layar perangkat dengan berbagai tingkat warna dan pencahayaan pilihan. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini. Sedangkan para pengguna Android dapat menggunakan aplikasi Tiny Flashlight + LED yang dapat diunduh secara gratis di sini.

Peta dan Kompas

Jika Anda tersesat dalam hutan atau mencari jalan pulang keluar dari sebuah pulau asing, panduan sebuah peta dapat menjadi alat yang sangat membantu. Salah satu manfaat ponsel saat ini adalah kehadiran dukungan peta serta kompas yang digital yang dapat diakses dengan mudah. Yang perlu Anda persiapkan sebelum benar-benar terjun melakukan kegiatan di alam liar adalah mempersiapkan aplikasi peta dan kompas yang Anda butuhkan.

Tentunya aplikasi tersebut hanya dapat digunakan pada perangkat ponsel pintar saja. Pada perangkat iPhone Anda dapat memanfaatkan fitur Maps + Compass yang telah tersedia pada beberapa seri perangkat buatan Apple tersebut. Biasanya aplikasi peta ini menggunakn bantuan navigasi dari fitur GPS perangkat untuk mengetahui lokasi Anda terakhir.

Sedangkan untuk kompas, partner terbaik untuk peta ini dapat Anda manfaatkan dengan kelengkapan magnetometer yang terdapat di dalam perangkat. Untuk memanfaatkannya, gunakanlah beberapa aplikasi seperti Spyglass untuk perangkat iPhone dan dapat diunduh secara gratis di sini. Sementara untuk perangkat Android dapat memanfaatkan apliaksi Smart Compass. Unduh aplikasinya secara gratis melalui Google Play Store di sini.

Panduan Informasi Flora

Jika Anda tersesat di dalam hutan belantara dan harus tidak memiliki lagi bahan cadangan makanan, tentunya pengetahuan tentang tumbuhan yang dapat dikonsumsi akan menjadi pengetahuan berharga. Tapi, jika Anda tidak memiliki pengalaman sama sekali dengan jenis-jenis flora tersebut, Anda dapat memanfaatkan aplikasi panduan informasi mengenai berbagai jenis flora yang dapat dimanfaatkan atau tidak.

Dengan panduan informasi dari aplikasi seperti Wild Edibles, Anda dapat memaksimalkan manfaat ponsel untuk bertahan hidup di alam liar. Wild Edibles memiliki database yang besar mengenai tanaman-tanam beracun ataupun kesehatan yang dilengkapi dengan deskripsi informasi serta pengetahuan untuk memanfaatkan tanaman tersebut. Andapun dapat mengakses kamus botani dan informasi umum lainnya. Wild Edibles tersedia untuk perangkat bersistem operasi iOS dan Android. Anda dapat mengunduhnya seharga $ 7.99 melalui iTunes di sini, dan Google Play Store di sini.

Aplikasi Kesehatan

Keberadaan alam liar tidak mungkin dengan mudah dapat di prediksi. Terlebih keadaan cuaca saat ini telah sulit untuk diprediksi. Hal tersebut dapat memberikan dampak yang kurang baik terhadap kesehatan. Selain energi yang terkuras untuk bertahan hidup, beberapa penyakit bawaan seringkali kambuh pada situasi yang kurang telah.

Oleh sebab itu saat Anda berhadapan dengan situasi yang sangat mendesak, Anda membutuhkan panduan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) sebagai pilihan pertama. Manfaatkan berbagai pilihan aplikasi kesehatan seperti aplikasi First Aid. Melalui aplikasiini Anda dapat mengikuti langkah-langkah prosedural saat menghadapi situasi yang menekan atau mengarahkan orang lain dengan memberikannya panduan.

First Aid yang dapat diunduh secara gratis untuk perangkat Android ini berisi ilutrasi, video, dan juga teks yang akan menunjukkan Anda cara setiap langkah dengan perintah yang tepat. Aplikasi serupan pun dapat ditemui dengan mudah di Google Play. ***

http://www.plimbi.com/article/10001/manfaat-ponsel-saat-bertahan-hidup-di-alam-liar

April 12, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: