Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Gaji Honorer di Bawah UMK Batam

BATAM (BP) – Setelah ramai diberitakan media, sebagian honorer di lingkungan Pemko Batam akhirnya gajian, Rabu (13/4/2016). Namun sayangnya, gaji yang mereka terima di bawah angka upah minimum kota (UMK) Batam 2016.

“Gaji saya tinggal Rp 2,5 juta per bulannya,” ujar seorang honorer salah satu dinas yang berkantor di Sekupang, kemarin. Padahal seperti diketahui, UMK Batam 2016 sebesar Rp 2.994.112.

Selain di bawah UMK, gaji honorer tersebut juga turun jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun lalu saya dapat gaji Rp 2,7 juta per bulan,” katanya.

Dia menduga, perubahan nilai gaji tersebut disesuaikan dengan status surat keputusan (SK) honorer yang dimilikinya. Sebab dia mengaku hanya mengantongi SK dinas, bukan SK Wali Kota Batam.
Hal senada disampaikan honorer lainnya yang berinisal FR, 27. Dia mengaku menerima gaji di bawah UMK Batam 2016.

“Kami gajian hari Senin (11/4) kemarin, tapi masih UMK lama,” ujarnya.

Kata FR, dia dan beberapa honorer lain di kantornya baru menerima gaji bulan Februari 2016. Sementara gaji untuk bulan Februari dan Maret belum dibayarkan.

“Katanya minggu depan dibayarkan,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam, Yudi Admaji, mengatakan gaji untuk petugas kebersihan DKP sudah dibayarkan sesuai UMK 2016. Selain itu, Yudi mengklaim tidak ada tunggakan pembayaran gaji.

“Alhamdulillah, semua lancar. Mereka terima (gaji) setiap bulannya,” jelasnya.

Camat Sekupang, Zurniati mengatakan pembayaran gaji tenaga honorer disesuaikan dengan tugas dan pendidikan tenaga honorer.

“Semua sudah ada ketentuannya, mereka terima Rp 2.742 ribu setelah dipotong BPJS,” kata dia.

Nasib guru honorer lebih memprihatinkan lagi. Sebab ada beberapa guru honor di sekolah negeri yang hanya menerima gaji Rp 500 ribu per bulan.

“Saya sudah dua tahun di sini. Katanya gajinya hanya seperti itu, terpaksa saya terima, mau tidak mau. Dari pada saya tidak kerja,” kata seorang guru honor, NS.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho, mengatakan masalah penggajian di Dinas Pendidikan ini perlu dipertanyakan. Menurutnya, masih banyak guru honorer yang digaji di bawah UMK. Belum lagi ada istilah guru komite yang juga mendapat gaji rendah.

Dan menurutnya, harusnya gaji honorer itu paling tidak setara UMK.

“Masa gaji hanya mengandalkan dana BOS. Mana cukup dari BOS. Ini harus menjadi perhatian serius,” katanya. Sementara itu, sejumlah dinas di lingkungan Pemko Batam belum membayar gaji pegawai honorernya. Di antaranya Dinas Sosial dan Pemakaman serta Badan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam.

“Belum (gajian), tak tahu kapan,” kata seorang pegawai honorer di Kominfo Batam, kemarin.

Ia juga mengaku tak tahu apakah pencairan gaji itu akan diakumulasi (rapel) sejak Januari lalu atau hanya dibayarkan sekali untuk bulan terakhir saja.

“Belum tahu,” katanya lagi.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Pemko Batam, Syahir tak mau berkomentar terkait pembayaran gaji tersebut. Ia juga tak menjawab ketika ditanya terkait hasil verifikasi terhadap pegawai honorer di lingkungan Pemko Batam.

“Tanya ke Pak Wali saja,” katanya.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyatakan telah mengintruksikan pada Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam agar mencairkan gaji para pegawai honorer di dinasnya masing-masing.

“Saya sudah perintahkan untuk dibayar,” ujar Rudi.

Namun masih ada beberapa dinas yang belum membayar gaji tenaga honorer. Sayangnya, Rudi mengaku belum mengetahui jika ternyata masih ada SKPD yang belum membayar upah para pegawai kontrak tersebut. (ska/rna/cr17)

April 14, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: