Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Komite Sekolah Harus Tahu Soal Dana Bos

Komite Sekolah sebenarnya memiliki peran yang cukup besar untuk mengawasi penyaluran dan BOS di sekolah masing-masing. Namun sayang, banyak anggota komite yang tidak tahu menahu soal dana BOS.

Komite Sekolah SMPN 6 Batam, Iskandar, mengatakan dana BOS merupakan kompensasi atau bantuan kepada sekolah. Jumlahnya sangat besar. Namun dia mengakui, sebagian besar sekolah penerima BOS menutup-nutupi informasi penyalurannya.

“Perlu diingat bahwa ketua komite di setiap sekolah harus tahu berapa besar dana BOS yang ada. Harus diberitahu kepala sekolah. Tetapi ini tidak, saya tidak pernah diberitahu dan peruntukannya pun untuk apa saya tak tahu,” kata Iskandar, kemarin (17/4/2016).

Sekretaris Umum KONI Kepri itu menambahkan, dana BOS itu peruntukannya untuk sarana dan prasarana di sekolah. Ini tujuannya untuk menghilangkan adanya kutipan di pihak sekolah.

Untuk itu, peran komite sekolah juga harus dimaksimalkan. Termasuk jika ada kebijakan sekolah yang melibatkan wali murid, maka pihak komite sekolah harus diberitahukan. Kalaupun ada kutipan, harusnya dikonsultasikan ke komite sebagai perwakilan wali murid.

“Tetapi harus diingat, dana BOS itu ada, supaya tidak ada kutipan lagi di sekolah. Dan komite harusnya tegas kalau mendengar masih ada kutipan di sekolah,” katanya.

Iskandar menngatakan, penggunaan dana BOS yang tak tepat sasaran ini membuat sekolah masih sering melakukan pungutan kepada siswanya. Bahkan dia menyebut, ada beberapa komite sekolah yang nakal dan malah bekerjasama dengan oknum guru dalam memainkan dana BOS.

“Tetapi saya tegaskan, di SMP 6 saya tidak pernah berpihak kepada sekolah kalau memang merugikan siswa. Pungutan tidak boleh,” katanya.

Terkait, gaji guru yang berasal dari dana BOS, menurut Iskandar itu boleh saja. Tetapi tetap harus memperhatikan kesejahteraan gurunya.

“Jangan sampai karena alasan dana BOS, gaji guru jadi sangat kecil. Makanya peran sekolah juga penting, agar guru itu terdaftar di dinas dan bisa digaji oleh pemerintah daerah,” katanya.

Kepala sekolah SMPN 54 Seibeduk, Misnarlaili, mengatakan sesuai namanya dana BOS memang lebih banyak digunakan untuk biaya operasional di sekolahnya.

Misnarlaili mengaku bulan ini SMPN 54 mendapatkan dana BOS sebesar Rp 97 juta dengan jumlah siswa kurang lebih 400 siswa.

“Dana ini ya untuk Pengadaan alat tulis kantor (ATK), pelatihan guru, lomba siswa di daerah maupun ke luar daerah, dan 20 persen dari dana BOS ini untuk menggaji guru honerer di sini,” terangnya.

Dia menambahkan, dana BOS ini juga bisa dipergunakan untuk siswa yang memang betul-betul tidak mampu membiayai segala keperluan sekolah. “Bantuannya bukan uang tunai yang langsung dikasih kepada siswa, namun lebih kepada pembiayaannya ditanggung oleh sekolah melalui dana BOS itu,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin, mengatakan dana BOS merupakan program yang diatur langsung oleh pusat. Dana BOS dikirim melalui Dinas Pendidikan Provinsi selanjutnya ditransfer ke rekening masing-masing sekolah penerima.

“Kami hanya sebagai monitoring saja,” kata Muslim, Sabtu (16/4) lalu.

Besaran dana BOS diterima setiap sekolah bervariasi, mulai dari SD hingga SMP. Penyalurannya dilakukan setiap tiga bulan sekali.

“Jadi selama setahun sekolah terima empat kali dana BOS,” jelas Muslim.

Setiap sekolah yang terdaftar di Dinas Pendidikan secara otomatis akan mendapatkan dan BOS. Selain itu, dana BOS juga bisa diperoleh apabila telah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Sekolah yang mendapatkan dana BOS harus memiliki beberapa kriteria. Di antaranya untuk sekolah swasta harus yang sudah mengantongi izin operasional sekolah dan jumlah murid harus di atas 20 orang. Dana BOS ini juga bisa dialokasikan kepada  siswa yang betul- betul tidak mampu.

“Kalau siswa tidak mampu sudah pasti akan dibantu melalui dana BOS nantinya,” ujarnya. (eja/cr17/cr19/cr20)

April 18, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: