Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Nurdin Jabat Plt Gubernur Kepri

Pemprov Sudah Terima Radiogram Mendagri

JAILANI, Tanjungpinang

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menunjuk Wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, menggantikan almarhum Muhammad Sani sampai ada kebijakan lebih lanjut dari pemerintah.

“Radiogram Mendagri dengan nomor 121.21/1426/SJ sudah kita terima siang tadi (kemarin,red). Dengan adanya radiogram tersebut, Wakil Gubernur Kepri, Bapak Nurdin Basirun sah sebagai Plt Gubernur Kepri,” ujar Kepala Biro Pemerintah Provinsi Kepri Misni, menjawab pertanyaan Batam Pos, Senin (18/4/2016).

Dijelaskannya, di dalam radiogram tersebut dijelaskan, berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah memuat beberapa keputusan. Dalam pasal 78 ayat (1) dibunyikan, kepala daerah atau wakil kepala daerah diberhentikan karena meninggal dunia.

“Supaya tidak terjadi kekosongan jabatan, Presiden melalui Mendagri meminta Wakil Gubernur Kepri untuk melaksanakan tugas dan wewenang Gubernur Kepri sampai adanya kebijakan lebih lanjut dari pemerintah,” jelas Misni.

Masih kata Misni, dalam radiogram tersebut juga dibunyikan, kepada Ketua DPRD Kepri untuk segera mengagendakan rapat paripurna tentang usul pemberhentian Gubernur Kepri. Menurut Misni, hasil paripura nanti, menjadi kelengkapan administrasi untuk pengusulan Wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun menjadi Gubernur Kepri Defenitif.

“Setelah ini konsentrasi kami adalah pengusulan penetapan Wakil Gubernur Kepri menjadi Gubernur Kepri Defenitif. Sedangkan untuk wakilnya menunggu petunjuk lebih lanjut dari Mendagri,” ungkap Misni.

Ditambahkannya, keputusan pengakatan Plt Gubernur Kepri Nurdin Basirun menjadi Gubernur Kepri Defenitif juga berdasarkan pada sidang paripurna. Karena hasil sidang tersebut menjadi kelengkapan administrasi. Kemudian proses pelantikan akan dilakukan di Ibu Kota Negara, untuk Gubernur. Misni berharap, proses ini tidak menunggu lama. Sehingga Kepri memiliki Gubernur Kepri yang defenitif.

“Sesuai peraturan, pelantikan kepala daerah setingkat gubernur dilaksanakan di Ibu Kota Negara. Karena akan dilantik langsung oleh Bapak Presiden,” tutup Misni.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun, yang akan melanjutkan estafet kepimpinan di Provinsi Kepri mengaku biasa saja. Ditegaskannya, apa yang harus dilakukannya kedepan adalah mewujudkan visi dan misi pembangunan yang sama-sama telah disusun semasa almarhum Sani masih hidup.

“Yang terpenting ada tanggungjawab yang harus diselesaikan. Apa tanggungjawab tersebut adalah membangunan Kepri sesuai dengan visi-misi yang telah disepakati bersama,” ujar Nurdin menjawab pertanyaan wartawan di Kantor DPRD Kepri, Dompak, Tanjungpinang, kemarin. ***

April 19, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: