Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Game Online Beri Dampak Negatif

SEKUPANG (BP) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini merilis daftar beberapa game online yang berdampak negatif terhadap anak-anak atau pelajar.

Beberapa game seperti Counter Strike, Point Balnk, Call of Duty, World of Warcraft, Mortal Kombat, dan Grand Theft Auto V.

Keberadaan game online ini sudah menjadi magnet dan candu kepada penggunanya. Seperti yang terlihat di salah satu warnet di Tiban, puluhan anak-anak usia sekolah tampak asyik memainkan game online.
Menurut pengelola warnet, Kurniawan, 27, rata-rata setiap hari anak-anak bermain tiga hingga lima jam game online dengan biaya Rp 3 ribu per jamnya. Di antara beberapa game online, kebanyakan dari mereka menyukai game Point Blank.

”Mereka suka karena ada perang-perangnya,” kata Kurniawan.

Sementara itu, Yogi, 16, mengakui sudah mengenal game online sejak 2009. Point Blank merupakan game yang paling disukai di antara yang lainnya.

”Seru, gamenya bisa memacu adrenalin,” ujarnya.

Awalnya orangtua tidak pernah mengizinkan untuk bermain game online, tapi setelah mengikuti salah satu kompetisi game Point Blank dan menang, orangtua sedikit memberikan kelonggaran.

”Yang penting nilai sekolah bagus, orangtua bilang gitu,” ujarnya.

Terkait dengan konten game yang mengandung kekerasan, diakuinya tidak pernah terpengaruh atau meniru adegan yang ada pada game online. Dirinya bahkan berharap bisa mewakili Indonesia dalam kompetisi Point Blank tingkat dunia di luar negeri.

”Kan ada lomba game PoBnt blank tingkat dunia. Tahun 2015 lalu Indonesia juara dua dan mendapat hadiah Rp 16 miliar,”  kata pelajar kelas IX ini.

Kondisi tak jauh berbeda juga terlihat salah satu warnet di Batamcenter. Warnet yang menuyughkan beragam permainan game online itu, juga sering dikunjungi anak-anak usia sekolah.

”Biasanya yang datang kemari anak-anak SD dan SMP,” ujar operator warnet, Galih kepada Batam Pos, kemarin.

Ia mengatakan, kebanyakan mereka datang saat jam pulang sekolah. ”Sore sampai malam sudah penuh,” kata Galih. Rata-rata pelajar tersebut bermain Dota, Point Blank, dan Counter Strike.

”Mereka bermain langsung ambil paket, dari 3-5 jam,” sambungnya.

Salah satu pelajar, Dio sering bermain Dota di warnet tersebut. ”Pulang sekolah, ganti baju dan langsung mampir kesini,” katanya.

Ia mengaku sering main tiga jam perhari. ”Seru, bikin nagih, sehari saja tidak main, rasanya seperti ada yang kurang,” ujar siswa kelas 2 SMP ini.

Menyikapi hal ini, psikolog M Syaltut mencoba menjelaskan dampak game online terhadap psikologis anak. Menurutnya, banyak dampak negatif daripada dampak positif yang ditimbulkan game online terhadap psikologis anak.

”Game online dapat menyebabkan kecanduan,” tuturnya.

Mereka akan terus bermain dan berusaha agar bisa mencapai level tertinggi. Sehingga, mereka mengalami kecanduan dan tidak ingin meninggalkan game tersebut. Adapun dampak sosialisasi terhadap anak adalah kurangnya respon terhadap masyarakat.

”Anak seringkali cuek dan seakan-akan hidup di dunianya sendiri,” ungkap Syaltut lagi.

Game online yang berisi kekerasan seperti tembak-menembak, merampok seperti yang ada dalam game Point Blank, Counter Strike, dan GTA juga berdampak pada psikologis anak.
Anak-anak yang sering main game tersebut, tidak menutup kemungkinan ingin mencontoh adegan di game tersebut.

”Bisa diaplikasikan ke dunia nyata. Namun saya belum pernah menemui kasus kekerasan karena kecanduan game online di Kepri,” ujarnya. (cr17/cr16)

April 27, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

1 Comment »

  1. […] Source: Game Online Beri Dampak Negatif […]

    Pingback by Game Online Beri Dampak Negatif | Zulheldimz's Blog | April 27, 2016 | Reply


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: