Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Sekolah Favorit Cari Siswa Berprestasi

BATAMKOTA (BP) – Sekolah-sekolah favorit ”jemput bola” mencari anak-anak berprestasi untuk dijadikan siswa didiknya pada tahun ajaran baru nanti. Program ini sudah berjalan sejak 25 Apri lalu.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan program ini merupakan bentuk penjaringan prestasi dan minat anak.

“Saat ini, sekolah-sekolah favorit tengah menjajaki anak-anak yang punya prestasi, dimana akan diberikan formulir terlebih dahulu,” kata Muslim di DPRD Kota Batam, kemarin (26/4/2016).

Adapun sekolah-sekolah favorit di Batam yang tengah bergerak mencari anak-anak yang berprestasi, seperti SMP Negeri 3, SMP Negeri 6, SMA Negeri 1, dan SMA Negeri 3. Penentuan kelulusan dilihat dari nilai rapor dan nilai Ujian Akhir Nasional (UAN).

Menurut Muslim, setelah penjaringan, para siswa berprestasi tersebut akan menjalani serangkaian tes, seperti psikotes. ”Kuotanya akan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan daya tampung, paling tidak ada 200 per sekolah,” ungkapnya.

Muslim yakin dengan program yang akan berlangsung hingga 30 Mei itu, tidak akan ada lagi siswa titipan di sekolah-sekolah favorit.

”Mudah-mudahan dengan program ini, semakin tertutup terhadap siswa titipan,” katanya lagi.

Sementara itu, untuk prioritas pembangunan tahun ini, tidak ada unit sekolah baru yang dibangun. Disdik hanya meneruskan pembangunan sekolah yang merupakan proyek tahun sebelumnya. ”Kalau ruang kelas baru ada 60-an yang akan dibangun, sedangkan pembangunan sekolah kami sedang fokus bangun SD 20,” ungkapnya.

265 Siswa SMPN 6 Ikut UNBK

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Batam merupakan satu-satunya sekolah negeri dari enam SMP di Batam yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 9-12 Mei nanti. Adapun  jumlah siswa SMPN 6 yang akan mengikuti UNBK, yakni sebanyak 265 anak.

Kepala Sekolah SMPN 6, Sularno mengatakan meskipun baru pertama kali melaksanakan UNBK, tidak membuat siswa canggung dengan sistem komputer. Sebab, sebelumnya pelaksanaan ujian berbasis komputer sudah diterapkan dalam ujian semester.

”Siswa sudah terbiasa dengan sistem komputer,” kata Sularno, kemarin.

Dalam pelaksanaan UNBK di SMPN 6 akan berlangsung selama empat hari. Pihaknya menyediakan empat ruangan yang akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan UN. Ujian nasional dibagi menjadi tiga sesi, sekolah menyediakan 107 komputer untuk UNBK, empat guru IT, dan satu teknisi selama penyelenggaraan UN.

”Satu ruangan kita ada 25-27 siswa,” sebutnya.

Elroi, 15, salah satu siswa SMPN 6 yang akan mengikuti UNBK mengungkapkan sudah terbiasa dengan ujian menggunakan komputer. Meskipun bukan penentu kelulusan lagi, dirinya tetap serius belajar dan fokus dalam mengerjakan soal selama simulasi dan persiapan dalam menghadapi UN.

”Sekarang lagi simulasi matematika,” ujarnya.

Sementara itu, sebanyak 128 siswa Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Batam, akan mengikuti Ujian Nasional (UN) paket B, yang setara dengan ijazah SMP. Koordinator Program SKB, Agam mengatakan ujian UN bagi murid SKB dilakukan serentak secara nasional dengan siswa SMP reguler lainnya, hanya waktunya saja yang berbeda, yakni dimulai pukul 13.00 WIB.

”Mulai ujian 9 Mei sampai 11 Mei. Pengawasannya sama dari dinas dan kepolisian,” kata Agam kepada Batam Pos kemarin.

Dia mengatakan, dari 128 siswa tersebut, akan dibagi tiga tempat pelaksaaan ujian, yakni di SKB, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Batam, dan Sekolah Menengah Atas Negeri SMAN 1 Batam yang merupakan murid dari Binaan SKB.

”Yang ikut UN di SKB ada 34 orang, di Lapas 15 orang, dan di SMAN 1 Batam sebanyak 79 orang,” sebutnya. (leo/cr17/cr14)

April 27, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: