Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Pollux Habibie Danai 10.000 Operasi Mata Gratis

JAKARTA (BP) – Pollux Habibie International bersama Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) akan menyelenggarakan operasi katarak gratis di Batam, akhir Mei nanti. Ini bentuk tanggung jawab sosial (CSR) Pollux Habibie International terhadap masyarakat.

”Benang merah dari semua ini ada pada ibu (Hasri Ainun Habibie),” kata Presiden Komisaris Pollux Habibie Internasional, Ilham Akbar, dalam Peluncuran CSR Operasi Katarak Gratis di Perpustakaan Habibie & Ainun, Selasa (3/5/2016).

Ilham mengatakan, Hasri Ainun Habibie -yang tak lain ibu kandungnya sendiri, merupakan sosok yang tak bisa dilepaskan dari Pollux Habibie International. Sebab, dialah pemilik tanah lokasi proyek Meisterstadt, salah satu proyek Pollux Habibie International di Batam.
Di dalam Meisterstadt itu nanti akan dibangun pula sebuah rumah sakit. Rumah sakit inilah cita-cita Hasri Ainun Habibie.

”Nah, semasa hidupnya, Ibu aktif di Bank Mata. Meskipun ia dokter pediatri, ia peduli pada kesehatan panca indera satu itu,” kata anak sulung pasangan BJ Habibie dan Hasri Ainun Habibie tersebut.

Program CSR ini bertajuk ”Sepuluh Ribu Mata”. Artinya, akan ada 10.000 mata yang dioperasi melalui program ini. Namun, program ini khusus bagi masyarakat tidak mampu. Masyarakat dapat mendaftarkan diri melalui Perdami Batam.

Atau juga melalui Dinas Kesehatan Daerah. Tentunya dengan menunjukkan kartu keterangan tidak mampu yang diketahui RT/RW setempat.

”Meskipun sekarang sudah ada BPJS Kesehatan, syarat administratif tersebut tetap diperlukan,” kata Ketua Bank Mata Indonesia, Tjahjono D. Gondhowiardjo.

Operasi yang juga bekerja sama dengan Klinik Mata dr Hasri Ainun Habibie ini akan menggunakan teknologi operasi katarak baru. Yakni, teknologi super vision. Dengan teknologi ini, operasi dapat berlangsung hanya dalam waktu 10 menit. Proses penyembuhan pun dipersingkat menjadi hanya dua minggu saja.

”Kalau masih menggunakan teknologi yang lama, bisa satu hari pasien baru selesai dioperasi. Lama sembuhnya pun bisa sampai berbulan-bulan,” kata Tjahjono lagi.

Katarak merupakan penyakit yang menyerang lensa mata. Lensa yang tadinya jernih kemudian menjadi keruh lantaran dirambati selaput. Inilah penyakit penyebab kebutaan tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013, setiap tahun ada 1.000 penderita katarak baru  atau ada satu penderita per satu mil wilayah. Indonesia menjadi negara dengan penderita katarak tertinggi se-Asia Tenggara. Dan menduduki peringkat kedua tertinggi sedunia setelah Ethiopia.

”Katarak ini biasa terjadi pada orang lanjut usia. Tapi tidak menutup kemungkinan pada orang-orang muda,” tutur Tjahjono lagi.

Mantan Presiden Indonesia Ketiga BJ Habibie menaruh perhatian yang tinggi terhadap penyakit ini. Sebab, penyakit ini mampu mematikan produktivitas manusia.

”Kalau tiba-tiba Anda buta, nggak bisa lihat, Anda memang tidak mati. Tapi Anda bergantung pada orang lain,” kata BJ Habibie dalam acara peluncuran itu juga.

Delapan puluh persen informasi yang diterima seseorang munculnya dari mata. Inilah yang kemudian membuat seseorang berhenti produktif ketika kebutaan melanda. Dan tidak produktif, menurut BJ Habibie, berarti tidak bisa memberikan sumbangan nyata bagi masyarakat yang sedang membangun.

”Dia buta karena lens-nya tidak bener. Kata Bu Ainun, hanya operasilah yang bisa menyembuhkan orang katarak itu,” ujarnya lagi.

BJ Habibie sedikit bercerita tentang seorang pasien katarak yang berprofesi sebagai guru. Ketika ia dinyatakan buta, ia tak lagi bisa mengajar. Namun, setelah dioperasi, ia bisa mengajar kembali. Artinya, pendidikan anak-anak bangsa ikut terselamatkan.

”Dan insyaAllah, dengan program ini, kita bisa membuka pintu at least untuk 10.000 pintu keluarga. Untuk produktif bekerja dan turut aktif membangun negara,” katanya.

Program ini berlaku menyeluruh se-Indonesia. Batam menjadi kota pertama tempat dimulainya program ini. Namun, tidak menutup kemungkinan, program ini juga akan berlangsung di kota-kota lainnya di Indonesia.

Pollux Habibie International akan menyeleksi kembali nama-nama yang masuk sebagai pendaftar. Setelah didapatkan nama pasien, operasi baru akan dilaksanakan.

”Jadi tidak harus menunggu jumlah pasiennya segini baru operasi. Program CSR ini kan program pendanaan. Jadi kalau sudah ada pasiennya, kapanpun mau dilaksanakan operasi, kami tinggal mendanai,” tutup GM Meisterstadt Batam, Yosef Eduardus. (ceu)

May 4, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: