Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Asman Abnur: BPOM dan BNN Perlu Dekati Masyarakat

BATAMKOTA (BP) – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Asman Abnur berharap Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Badan Narkotika Nasional (BNN) meningkatkan pendekatan pencegahan pada masyarakat agar memilih  makanan dan obat yang aman serta menjauhi narkoba.

”Jangan hanya penangkapan barang. Nanti seram jadinya. Lakukan pendekatan pencegahan,” kata Asman usai menjadi pemateri dalam acara pemeberdayaan masyarakat melalui komunikasi informasi dan edukasi yang digelar BPOM Kepri di Aula Arafah 1, Asrama Haji, Kamis (5/5/2016).

Menurutnya banyak penyakit malah bersumber dari makanan, untuk itu perlu peran BPOM untuk mengontrol. Dia juga berharap agar masayarakat jangan membeli makanan hanya karena murah namun potensi penyakit dalam makanan juga perlu diperhatikan.

“Saya minta pada ibu BPOM (Kepala BPOM Kepri Setia Murni, red) sosialisasikan. Edukasi masyarakat memang perlu waktu, ini kader-kader posyandu yang hadir ini nantinya bisa melanjutkan ke masyarakat yang lain,” ucapnya.

Lanjut Asman, BNN pun perlu melakukan pendekatan dengan masyarakat.

”Orang yang candu apa solusinya, ternyata gratis kalau merehab (rehabilitasi). Banyak yang takut, orang takut ke BNN nanti ditangkap,” ungkapnya.

Sementara itu acara pemeberdayaan masyarakat dengan tema Gerakan Nasional Peduli Obat dan Pangan Aman (GNPOPA) itu menurut Kepala BPOM Kepri, Setia Murni, bertujuan untuk mengedukasi, menginformasi serta berkomunikasi langsung dengan masyarakat agar peduli dengan akan obat dan pangan yang aman.

”Tujuannya sesuai dengan tema acara. Dengan adanya kepdulian masyarakat, kita berharap masyarakat tak membeli obat dan pangan yang tak aman,” tuturnya.
Lewat acara yang juga pernah dilakukan di Kabupaten Karimun dan Kota Tanjungpinang itu,

dia berharap peserta dari kader posyandu juga mahasiswa/pelajar serta elemen lain, dapat menginformasikan lebih lanjut ke masyarakat umum.

”Minimal untuk mereka sendiri dulu, nanti selanjutnya dia akan beritahu ke kerabatnya juga  lingkungan sekitarnya,” pungkasnya.

Turut hadir menjadi pemateri dalam acara itu yakni Kepala BNNK Batam, AKBP Darsono juga Kepala Dinas Kesehatan Batam, Candra Rizal. (cr13)

May 6, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: