Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Lolos SMPTN Tanpa Tes Dapat Beasiswa

SEKUPANG (BP) – Berdasarkan data yang dirilis dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Batam menduduki posisi pertama dengan hasil kelulusan terbaik se-Provinsi Kepri. Atas pencapaian ini, Pemerintah Kota Batam tengah menyiapkan bantuan pendidikan atau beasiswa kepada siswa-siswa yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Bagi siswa yang berhasil lolos Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) tanpa harus melakukan tes, Pemko akan membiayai pendidikan hingga selesai. Setidaknya ada lima universitas negeri yang menjadi tempat siswa-siswa melanjutkan sekolah mereka yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Tinggi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Air Langga (Unair), dan Universitas Padjajaran Bandung.

”Jika mereka lolos tanpa seleksi, semua biaya pendidikan akan dibiayai oleh Pemko Batam,” kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Kota Batam, Andi Agung, Sabtu (7/5/2016).

”Alhamdulillah kita bisa mempertahankan prestasi kita di UN tahun ini,” kata dia.
Untuk UN SMA, siswa SMAN 3 Batam menduduki peringkat pertama atas nama Rahmi Adelina dengan total 530 disusul posisi dua dan tiga dari  SMAN 1 Batam asal Tanjungpinang, keempat SMAN 3 sedangkan SMAN 1 Batam di posisi nomor lima.  Sementara untuk tingkat SMK Batam mendominasi hingga 10 besar.

Orangtua Dampingi Siswa Terima Kelulusan

Ratusan orangtua murid dampingi siswa SMAN 4 dalam menerima hasil kelulusan Ujian Nasional (UN), Sabtu (7/5) pukul 15.00 WIB. Kepala Sekolah SMAN 4 Batam, Tapi Winanti mengatakan untuk pengambilan hasil kelulusan semua siswa wajib menggunakan baju Melayu dan harus didampingi orang tua masing-masing murid.

”Ini antisipasi biar tidak ada aksi coret-coret nantinya,” ujar mantan Kepala Sekolah SMAN 3 ini.

Sebanyak 294 siswa SMAN 4 Batam telah selesai melaksanakan UN dengan menggunakan sistem kertas. Meskipun UN bukan penentu kelulusan, tapi UN memiliki standar kelulusan. Bagi siswa yang nilainya di bawah standar yakni nilai rata-rata 55 bisa mengikuti perbaikan nilai pada bulan Oktober 2016 nanti.

”Alhamdulillah nilai mereka memuaskan semua, jika ada yang dibawah standar bisa mengikuti perbaikan Oktober nanti” ujarnya.

Dia berharap seluruh lulusan SMAN 4 Batam bisa melanjutkan pendidikan dan diterima di universitas pilihan. Selain itu, pada hari Senin (9/5) lulusan SMAN 4 juga bisa mengambil surat keterangan lulusan sebagai pengganti ijazah untuk melamar ke universitas. ”Saya bersama istri sengaja menemani anak kami, karena ini kan momen penting,” kata Jasman, wali murid SMAN 4 Batam.

Dia bersyukur dan senang UN bukanlah penentu kelulusan bagi siswa, setidaknya siswa tidak merasa tertekan ketika UN datang.

”Rencananya anak saya akan lanjut kuliah di Bandung,” ungkap pria yang berprofesi sebagai guru SD di Sekupang ini.

Suasana haru dan bahagia begitu terasa, ketika hasil kelulusan mulai diumumkan. Kerumunan siswa langsung mendekati dimana pengumuman di pasang oleh pihak sekolah. Tangis hingga teriakan yang histeris sebagai ungkapan rasa senang siswa. Satu persatu siswa dan anak menemui dan memeluk guru sebagai ucapan terima kasih didikan selama ini.

”Terima kasih ya buk,” ucap salah seorang wali murid sambil memeluk Kepala Sekolah SMAN 4 Batam, Tapi Winarti.

Nurfitriani, 16, mengungkapkan rasa senangnya karena bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Perjuangan selama ini membuahkan hasil yang memuaskan. ”Alhamdulillah bisa buat orangtua bangga,  selanjutnya bakal melanjutkan ke Politeknik Batam,” ujar anak IPA ini.  Pantauan Batam Pos di lapangan terdapat beberapa anggota kepolisian yang berjaga di SMAN 4.

”Yah, kita memantau dan memastikan tidak ada aksi konvoi dan lainnya,” ujar Kanit Polsek Sekupang, Ipda Buhedi Sinaga.

SMKN I dan SMAN 5 Lulus 100 Persen

Sebanyak 358 siswa kelas III sekolah menengah kejuruan (SMKN) I Batam di Batuaji dinyatakan lulus 100 persen pada pengumuman hasil ujian nasional, Sabtu (7/5) sore. Siswa atas nama Danang Aji Wicaksono masuk enam besar dalam daftar siswa SMK berdasarkan jumlah nilai UN tertinggi untuk tingkat Kota Batam.

Kepala Sekolah SMKN I Batam, Lea Indrawijaya mengatakan, tahun ini kelulusan SMKN I Batam cukup memuaskan. Selain salah satu siswa mereka masuk sebagai siswa dengan nilai keluluasan tertinggi tingkat Kota Batam, SMKN I Batam juga masuk rangking pertama untuk kategori jumlah nilai UN tingkat SMK se-Kota Batam.

”Alhamudillah, satu siswa masuk sebagai jumlah nilai ujian nasional tertinggi dan sekolah juga keluar sebagai rangking pertama berdasarkan jumlah nilai UN tingkat kota Batam,” kata Lea.

Pengumuman hasil UN di SMKN I Batam dilakukan secara online melalui website SMKN I Batam tepat pukul 16.00 WIB. Pelaksanaan pengumuman hasil UN ini berlangsung aman dan tenang, sebab siswa yang lulus tidak perlu ke sekolah.

”Sengaja kami umumkan lewat websita agar tidak terjadi aksi-aksi kegirangan yang berlebihan seperti konvoi, coret baju, dan lainnya,” kata Lea.

Alhasil sampai malam kemarin, aktivitas di sekolah berjalan normal. Panitia pengumuman hasil UN dapat melaksanakan tugas dengan tenang tanpa hiruk pikuk siswa yang merayakan kelulusan mereka.

”Semua siswa kelas tiga tidak masuk hari ini (kemarin). Mereka bisa cek dari rumah,” kata Lea.

Sementara Itu di SMAN 5 Batam, dari total 401 siswa kelas tiga juga dinyatakan lulus semua. (cr17/eja)

 

May 8, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: