Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Novanto, Calon Bos Golkar Terkaya

JAKARTA (BP) – Enam dari delapan calon ketua umum Partai Golkar sudah menyerahkkan iuran Rp 1 miliar yang disyaratkan panitia penyelenggara Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub), yang akan diselenggarakan di Bali 15-17 Mei mendatang. Karena dianggap sudah memenuhi syarat, Ketua Panitia Pengarah (Steering Committee/SC) Munaslub Nurdin Halid membuka laporan kekayaan keenam calon itu.

”Enam bakal calon sudah dinyatakan lolos secara administrasi dan bisa mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya, pengambilan nomor urut, sosialisasi dan debat sepanjang proses menuju Munaslub,” kata Nurdin dalam jumpa pers di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Jumat (6/5).

Dua calon ketum lain, yaitu Indra Bambang Utoyo dan Syahrul Yasin Limpo menolak menyetor iuran.
Kemungkinan pencalonan mereka akan digugurkan.

Berdasarkan data yang diberikan Nurdin, Setya Novanto adalah calon ketua umum terkaya. Mantan ketua DPR itu memiliki harta Rp 114,769 miliar dan US$ 49.150.

Urutan kedua Aziz Syamsuddin dengan harta kekayaan Rp 58,93 miliar dan US$ 24.999. Tempat ketiga Airlangga Hartarto dengan harta kekayaan Rp 46,39 miliar. Kemudian Ade Komarudin dengan harta kekayaan Rp 20,3 miliar dan utang Rp 3 miliar. Posisi kelima ditempati Priyo Budi Santoso dengan harta kekayaan Rp 17 miliar dan US$ 70.547. Wakil Ketua MPR Mahyudin menempati urutan enam dengan harta kekayaan Rp 10,615 miliar.  

Mengenai calon ketum Indra Bambang Utoyo dan Syahrul Yasin Limpo, Nurdin mengatakan masih diberi kesempatan sampai hari ini.

”Terhadap Syahrul dan Indra diberi kesempatan sampai besok Sabtu (7/5) jam 12.00 WIB siang untuk menjawab surat SC berkaitan dengan persyaratan yang belum terpenuhi. Apabila sampai jam 12.00 WIB tidak ada respons yang bersangkutan, maka rapat pleno SC memutuskan yang bersangkutan mengundurkan diri,” kata mantan Ketua Umum PSSI itu.

Nurdin menyebut alasan pemberian kesempatan adalah karena faktor obyektif sesuai dengan AD/ART partai. Nurdin juga menepis anggapan bahwa duit Rp 1 miliar merupakan biaya pendaftaran.

”Menegaskan kembali, uang pendaftaran, bukan mahar ataupun lainnya tapi menjadi sumbangan. Dari enam calon, ada yang menyumbang lebih yaitu saudara Priyo yang menyumbang 100 ribu USD atau kira-kira setara Rp 1,23 miliar,” kata Nurdin.

Dia lalu menyebut kebutuhan panitia untuk menggelar Munaslub adalah Rp 45 miliar. Selain itu tak ada pemberian uang transportasi.

Jelas Sumber Dananya

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan para calon ketua umum boleh menyumbang untuk pelaksanaan Munaslub selama dana tersebut jelas asal sumbernya.

”Bahwa ini semua gotong royong untuk membantu panitia guna penyelenggaraan itu. Tidak ada salahnya kalau menyumbang kan, asal jelas dari mana uangnya,” kata Wapres Kalla usai menghadiri pengukuhan pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di JIExpo Kemayoran Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan sumbangan tersebut bertujuan untuk membantu panitia penyelenggara dalam menggelar Munaslub, bukan sebagai iuran wajib dari para calon ketua umum.

”Ini bukan mahar sebenarnya, ini kan sumbangan untuk panitia. Jadi tujuannya diubah, bukan cara untuk orang mendaftar (sebagai calon ketua umum), tetapi untuk berpartisipasi dalam kepanitiaan,” jelasnya.

Terkait penilaian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menilai pengaturan mahar dalam Munaslub Partai Golkar merupakan bentuk gratifikasi, Wapres Kalla menilai hal itu salah dalam penulisan format peraturan.

”Karena itulah, sebenarnya formatnya salah. Kalau menyumbang untuk panitia kan tidak ada soal,” katanya.

Sebelumnya, KPK melarang Partai Golkar menarik iuran Rp1 miliar kepada masing-masing calon ketua umum yang akan mengikuti Musdalub Partai Golkar. (ant/jpgrup)

May 8, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: