Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Surya Sardi, M Nasir Majid, Surya Makmur Daftar Calon Wagub

Berebut Kursi Kepri 2

BATAM POS, Tanjungpinang

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kepri mulai membuka pendaftaran penjaringan calon Wakil Gubernur Kepri menggantikan Nurdin Basirun yang akan segera dilantik menjadi Gubernur Kepri. Hingga kemarin (19/5/2016) sudah ada tiga kader Demokrat yang mendaftar.

.Nasir_Majid

M Nasir Majid

Surya Sardi adalah kader yang mendaftar pertama di Sekretariat DPD Partai Demokrat Kepri di Bintan Centre Tanjungpinang, Kamis (19/5/2016). Kedua Mayor Jenderal TNI (Purn) M Nasir Majid, ketiga Surya Makmur.

Didampingi istrinya, Marida Sari, Surya Sardi mengaku kian mantap meramaikan bursa penjaringan calon Wagub Kepri karena mendapat dukungan dari banyak pihak.

“Bismillah, setelah mempertimbangkan dengan matang aspirasi teman-teman kader dan meminta restu keluarga besar, dengan ini saya memantapkan diri ikut seleksi dan pemilihan Cawagub Kepri,” ujar Surya Sardi kepada wartawan.

Jika terpilih nanti, sambung Surya Sardi, dirinya akan berkomitmen menunaikan amanah sesuai kewenangan dan tanggung jawab yang diemban.

Mantan Ketua DPRD Kota Batam ini bergabung dengan partai berlambang mercy itu beberapa bulan setelah Demokrat dideklarasikan 9 September 2001. Ia juga dipercaya sebagai Sekretaris DPD PD Kepri periode 2011-2016.

Disinggung soal visi dan misinya, Surya menegaskan akan melanjutkan cita-cita pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Muhmammad Sani dan Nurdin Basirun. Selanjutnya Surya akan mendorong terwujudnya Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu yang sejahtera, berakhlak mulia, ramah lingkungan dan unggul di bidang maritim.

“Masalah transportasi yang memadai dan nyaman juga menjadi prioritas,” katanya.

Surya juga akan memperjuangkan agar kawasan Natuna, Lingga, dan Anambas menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sesuai kekhususan daerah masing-masing. Seperti daerah Anambas memiliki potensi keindahan bawah laut yang luar biasa menjadi KEK Pariwisata Bahari.

Demikian halnya dengan Natuna yang memiliki potensi ikan dan migasnya, diformulasi kawasan itu sebagai KEK Maritim. “Artinya, ada kebijakan khusus di bidang maritim untuk mendorong potensi lokal itu berdaya guna bagi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Khusus Bintan, Batam, dan Karimun (BBK) yang berada di jalur strategis perdagangan dunia, konsep kawasan ini yang sudah disulap sebagai daerah investasi, perdagangan, alih kapal, dan pariwisata mesti dipertahankan.

“Kalau perlu secara bersama-sama kita minta kepada Presiden diberi kebijakan yang memudahkan investasi dan perdagangan BBK biar benar menjadi prioritas tujuan investasi dunia,” ujarnya.

Kader Demokrat lainnya yang turut meramaikan bursa penjaringan Cawagub Kepri adalah Mayor Jenderal TNI (Purn) M Nasir Majid. Tiba di Sekretariat DPD Demokrat Kepri kemarin (19/5) siang, Nasir langsung menyerahkan seluruh persyaratan yang sudah diatur dan ditetapkan untuk mengikuti pendaftaran penjaringan bakal calon wakil gubernur.

“Saya sudah menyiapkan seluruh berkasnya, sudah saya lengkapi, dan saya serahkan langsung,” tegas Nasir yang merupakan anak perantau Pariaman, Minangkabau yang lahir dan besar di Lingga.

Menurut Nasir, keputusannya untuk maju pada penjaringan bakal calon wakil gubernur ini tidak seketika dan tanpa perhitungan yang matang. Kata Nasir, tanpa banyak orang tahu, sebetulnya pada dua kali penyelenggaraan Pilkada Kepri sebelumnya, namanya sudah santer digaet sejumlah partai politik untuk ikut serta.

“Tapi, saya membaca situasi politik waktu itu. Dan saya merasa belum saatnya buat saya,” kenang Nasir.

Maka ketika Gubernur Kepri Muhammad Sani berpulang dan Nurdin Basirun sebagai wakilnya harus naik menjadi gubernur dan mencari pasangan baru, Nasir merasa inilah saat terbaik. Kata perwira tinggi TNI-AD kelahiran Sungai Buluh Lingga ini, masyarakat dan teman-temannya adalah pihak-pihak yang tak bosan mendesak dirinya untuk ikut serta pada penjaringan bakal calon wakil gubernur.

“Saya membawa kepentingan mereka. Bukan kepentingan saya pribadi,” tegas Nasir.

Sebagai orang yang lahir dan tumbuh besar di Kabupaten Lingga dan Karimun, Nasir merasa sudah semestinya ia mencurahkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk membangun Kepri. Pengalamannya sebagai perwira TNI-AD yang merintis karir dari bawah, memberinya banyak bekal pembelajaran untuk menjadikan Kepri sebagai provinsi yang lebih berdaya saing.

“Kita mesti samakan frekuensi dulu. Bila frekuensi sudah sama untuk membangun Kepri, jadilah Kepri sebagai provinsi maju. Saya orang Kepri dan sudah semestinya bekerja untuk membangun Kepri,” kata Nasir.

Legislator DPRD Provinsi Kepri dari Partai Demokrat, Surya Makmur Nasution juga mengaku siap memberikan yang terbaik untuk medampingi Nurdin Basirun sebagai Wakil Gubernur Kepri. Kemarin (19/5), Surya Makmur juga resmi mendaftarkan diri di Sekretarian DPD Demokrat Kepri.

“Ini adalah rencana kerja Partai Demokrat untuk mengisi kekosongan jabatan Wakil Gubernur Kepri nanti, apabila Plt Gubernur Kepri, Nurdin Basirun sudah defenitif sebagai Gubernur Kepri,” ujar Surya Makmur.

Dia menjelaskan, sebagai partai pengusung Sani-Nurdin dalam Pilkada Kepri 2015, Demokrat memiliki kans yang besar untuk mengajukan kadernya mengisi kekosongan kursi Wagub Kepri. Hal ini sudah diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada. Bahkan pada pasal 176 ayat 1 dalam UU tersebut menegaskan pengisian jabatan Wakil Gubernur melalui mekanisme pemilihan oleh DPRD Provinsi berdasarkan usulan dari partai politik atau gabungan dari partai pengusung.

“Jadi sebagai kader Partai Demokrat, saya punya kewajiban untuk menyukseskan ini. Selanjutnya apabila saya diberikan amanah sebagai Wakil Gubernur, tentu saya akan memberikan yang terbaik sesuai dengan kapasitas saya sebagai Wakil Gubernur,” tegasnya.

Legislator yang sudah dua periode duduk sebagai sebagai wakil rakyat di DPRD Kepri tersebut mengatakan, selain dirinya akan ada kader-kader demokrat yang lain yang ikut meramaikan. Diakuinya Demokrat Kepri saat ini, memiliki banyak kader-kader terbaik dan militan. Sehingga layak untuk diberikan kesempatan menjadi Wakil Gubernur Kepri mendampingi Nurdin Basirun selama lima tahun ke depan.

“Saat ini tengah berlangsung proses revisi UU Nomor 8 Tahun 2015. Mudah-mudahan ada petunjuk lebih jelas, mengenai mekanisme pemilihan Wakil Gubernur yang dihadapi Provinsi Kepri sekarang ini,” jelas pria yang duduk sebagai Wakil Ketua Fraksi Demokrat di DPRD Kepri tersebut.

Ditambahkannya, proses penjaringan internal ini akan berlangsung sampai 21 Mei nanti. Menurut Surya Makmur, calon Wagub Kepri dari Demokrat nantinya akan ditentukan oleh pengurus DPP Demokrat.

“Bagi saya ini adalah panggilan jiwa. Sehingga sebagai kader dan kemampuan yang saya miliki, saya siap untuk mendampingi Pak Nurdin. Dan memberikan yang terbaik,” kata Surya Makmur lagi. (ash/muf/jpg)

Advertisements

May 25, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: