Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Irwan Nasir: Kinerja PNS di Meranti Rendah

AL AMIN, Selatpanjang

Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir menyinggung kinerja dan produktivitas para pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkab Meranti.

”Sejauh ini kinerja aparatur pemerintahan itu masih rendah jika dibandingkan dengan tunjangan yang diberikan oleh Pemkab,” sebut Irwan saat pengambilan sumpah jabatan 400 PNS Pemkab Kepulauan Meranti di Aula Afifa, Jalan Banglas Selatpanjang, Kamis (2/6/2016).

Dia menyebutkan tunjangan PNS di Pekanbaru yang lebih rendah dibandingkan Meranti, namun produktivitas mereka lebih tinggi.

”Selain itu masih banyak PNS kurang tertib di Meranti ini. Banyak informasi rahasia dibocorkan ke publik. Ini sudah menyalahi dan bertentangan dengan sumpah dan janji PNS. Hal ini perlu dievaluasi,” tutur Irwan.

Bupati juga mengatakan para PNS sebenarnya harus meningkatkan kinerja dan tanggungjawab yang dibebankan dengan maksimal, karena negara ataupun daerah sudah memberikan hak dalam bentuk gaji maupun tunjangan.

Menurutnya profesi PNS masih menjadi incaran banyak pihak. Oleh karena itu sudah seharusnya PNS meningkatkan kinerja dan menjaga idealisme serta wibawa pemerintah.

”Mari bekerja dengan sungguh-sungguh. Jaga mental dan kepribadian yang baik karena citra pemerintah terletak di tangan PNS,” katanya.

Terkait kedisiplinan, Irwan melanjutkan dia sudah menandatangani surat pemecatan terhadap tiga PNS di Pemkab Meranti yang melakukan pelanggaran berat. Pada umumnya mereka sudah sangat lama tidak masuk kantor.

Dia memandang kesalahan tersebut sudah tidak dapat ditolerir lagi sehingga harus diambil tindakan tegas. Sesuai jadwal, surat pemecatan itu akan diserahkan kepada yang bersangkutan pekan depan.

Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kepulauan Meranti, Revirianto menambahkan, pengambilan sumpah jabatan yang dilaksanakan Pemkab Meranti itu merupakan amanat Undang-undang No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negera.

Tujuannya agar PNS bisa memiliki kesetiaan terhadap negara. Juga mampu melaksanakan tugas dengan bersih, jujur, dan berdaya guna bagi masyarakat sebagai bentuk tanggungjawab.

”Hingga saat ini sudah 750 PNS diambil sumpah dari total 3.528 PNS. Sisanya kita akan segera lakukan pengambilan sumpahnya dan tahun depan bisa selesai semuanya,” sebut Revirianto. ***

June 3, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: