Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Bripka M Ali, Polisi Penakluk Arena Motor Cross

Bekuk Pejambret dengan Keahliannya Memacu Kuda Besi

Kecintaaanya terhadap olahraga motor cross telah memotivasinya untuk berprestasi dan mendidik anak geng motor jadi pelopor keselamatan lalu lintas.

EUSEBIUS SARA, Batuaji

Suatu sore di bulan Ramadan 1437 Hijriah atau Juli 2016, terdengar teriakan ”jambret..!” di Jalan Brigjen Katamso, Tanjunguncang, Batuaji, persisnya di simpang Sintai. Teriakan itu bersumber dari seorang wanita muda yang mengendarai sepeda motor matik.

Dia terjungkal ke pinggir jalan. Seorang pria pengendara sepeda motor Honda Supra tampak merampas tas dan menyerempet sepeda motor wanita itu hingga terjatuh. Pria tersebut langsung tancap gas memutar arah dan berhasil membawa kabur tasn wanita itu.

Bripka M Ali atlet motor cross dari Polsek Batuaji.

BRIPKA M Ali memperlihatkan tropi juaranya salah satu kejuaraan motor cross, beberapa waktu lalu.

Bripka M Ali yang sedang patroli menggunakan mobil Patroli Mapolsek Batuaji dari arah Tanjunguncang mendengar teriakan itu. Dia lanngsung tancap gas mengejar penjambret tadi, namun aksinya tak berhasil sebab situasi jalan cukup padat. ”Saya coba kejar pakai mobil patroli tapi terjebak di lampu merah simpang Polsek,” tutur Bripka M Ali yang menjabat sebagai Panit II Satlantas Polsek Batuaji itu, Jumat (15/7/2016).

Tak ingin buruan kabur, tamatan bintara polisi tahun 2000 itu cepat-cepat memarkirkan mobil patrolinya di pinggir jalan. Dia lantas meminjam sepeda motor Satria FU milik salah seorang warga.

”Mulanya orang (pemilik motor Satria FU) itu yang bawa, tapi tak bisa karena dia tak bisa ngebut,” kata M Ali.

Buruan semakin jauh dan Ali tak mau kehilangan. Dia pun mengambil alih kemudi sepeda motor pinjaman itu dan mulai memburu pelaku. ”Lewat dua simpang belum dapat juga. Lari ke arah Marina dia lewat pula depan polsek,” cerita Ali.

Karena suspensi tenaga sepeda motor yang ditungganginya cukup kuat ditambah dengan bekal jokinya yang sangat baik, Ali berhasil membekuk pelaku jambret itu di kawasan Marina sebelum Gedung Balai Kesehatan.

Itulah sepeganggal kisah Bripka M Ali yang memanfaatkan kemampuannya di luar ilmu kepolisian untuk menangkap penjambret.

Ya, Bripka M Ali memang anggota polisi biasa yang kesehariannya berdinas di Mapolsek Batuaji. Di sela-sela aktivitasnya sebagai anggota polisi, Ali memiliki hobi yang sangat menantang yakni motor cross.

Ayah dua anak itu tergolong mahir untuk urusan memacu si kuda besi, baik di arena yang terjal ataupun jalan beraspal. Sejak serius mengasah kemampuannya pada tahun 2010, Ali pernah mengharumkan nama satuan polisi dan Kota Batam dengan menyabet juara di berbagai ajang perlombaan motor cross.

Pria yang pernah manjadi bagian dari Satuan Sabhara Mapolresta Barelang itu, pernah juara I kejuaraan motor cross campuran lokal Batam tahun 2014, juara V dan IV pada ajang motor cross piala wakil Gubernur Kepri kelas campuran modifikasi dan kelas pemula pada tahun 2014, serta juara I motor cross non spesial engine Kepri untuk umur 35 tahun tahun 2015.

”Itu semua mainnya di Batam di arena Capung, Marina,” ujar M Ali.

Ali bercerita, mula ketertarikannya terhadap olahraga yang memacu adrenalin itu sekadar hobi saat duduk di bangku sekolah menengah atas. ”Waktu itu hanya suka-suka biasa saja. Lihat anak-anak lain main motor, saya juga kepengen,” ungkapnya.

Karena belum memiliki sepeda motor sendiri, saat itu Ali hanya bisa nebeng dengan kendaraan teman-temannya. ”Kadang ikut juga sama orang itu balap liar di jalan raya,” ujarnya.

Karena dianggap terlalu berisiko dengan aksi balap liar di jalan raya, Ali sempat memendam hobinya itu beberapa tahun. ”Saya khawatir juga, karena tahulah kalau balap liar nggak ada pengamannya, jadi saya tak mau ikut-ikutan lagi,” ujarnya.

Setelah aktif menjadi polisi tahun 2010 lalu, pria yang pernah dikirim sebagai tim BKO operasi militer Tegak Rencong di Aceh tahun 2003 dan 2004 itu, mulai kembali mengasah hobinya untuk menunggangi sepeda motor di arena yang terjal.

”Awal saya gabung dengan Adventure Community Batam (ATC), tapi saat itu masih pakai motor jadul,” kenang Ali.

Setelah berbagi pengalaman dan bertukar pikiran dengan anggota senior lainnya, Ali kemudian membeli dan merakit dua sepeda motor trail untuk dijadikan motor cross. ”Waktu itu motor Honda Tiger tahun 2005 dan Force One,” ujarnya.

Setiap ada waktu senggang, Ali terus mengasah kemampuannya dengan dua sepeda motor rakitan itu di berbagai medan motor cross yang ada di Batam. Tahun 2014 adalah masa kejayaannya yang mana setelah bergabung dengan team 115 Camp’s di Marina, dia berhasil menyabet berbagai kejuaraan seperti yang disebutkan di atas. ”Kalau ada kejuaraan lagi, saya akan ikut terus,” ujarnya.

Ali bahkan berharap kepolisian, TNI atapun Pemerintah Daerah terus mengadakan kejuaraan motor cross agar bakat anak-anak muda dalam bidang motor cross di Batam ataupun di Kepri bisa tersalurkan.

”Kalau tidak disalurkan bisa disalahgunakan bakat anak-anak ini. Jadi balap liar mereka,” tuturnya.

Ali juga menuturkan, selain menyalurkan hobinya, olahraga motor cross juga merupakan wadah yang tepat baginya sebagai anggota polisi untuk mengajak dan mendidik anak-anak muda untuk tidak menyalahgunakan bakat dan hobinya untuk balap liar atau bergabung dengan geng motor yang hangat dibicarakan belakangan ini.

”Ini salah satu motivasi saya juga. Karena jujur saja, saat ini saya sudah berhasil merangkul sekitar 15 anak muda di Tanjungpiayu yang mulanya suka balap liar jadi atlet pembalap motor cross, dan alhamdulilah, mereka sangat baik dan bahkan menjadi pelopor keselamatan lalu lintas di sekolah mereka,” pungkas Ali. ***

July 17, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: