Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

8 SKPD Pemko Batam Akan Diganti

DKP Dinilai Tak Mampu Bekerja

YASHINTA, Batam

Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menyingkirkan Satuan Perangkat Pemerintah Daerah (SKPD) yang dinilai tak becus bekerja. Delapan SKPD disebut-sebut dirombak dan tersingkir dalam kabinet Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad. Salah Satunya adalah Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi secara tak langsung terlihat kecewa dengan kinerja SKPD yang ia pimpin sejak dilantik. Secara tegas ia mengatakan akan merombak separuh SKPD yang ada saat ini. Dimana, Batam memiliki SKPD yang terdiri dari 14 Dinas dan 8 Badan.

“Hampir separuh akan dirombak. Kerja tak bagus kita ganti, namun yang bagus pasti dipertahankan,” ujar Rudi di Kantor Pemko Batam, Jumat (15/7/2016).

Menurut dia, selama empat bulan menjabat sebagai Walikota yang terkesan tak puas dengan kinerja SKPD. Banyak masyarakat yang terus mengeluhkan pelayanan dari SKPD tersebut.

“Sudah empat bulan saya menjabat, tinggal dua bulan lagi semua akan berubah. Tunggu saja tanggal mainnya,” sebut Rudi.

Ditempat yang sama, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan delapan kepala SKPD dinilai perlu dilakukan uji kompetensi. Saat ini tim panitia seleksi (Pansel) pun telah dibentuk dan di SK kan. Tugas Pansel akan melakukan seleksi kelayakan dan kompetensi pejabat-pejabat eselon 2 dan 3 yang akan menduduki jabatan kepala dinas dan kepala badan.

“Kita sudah melakukan tahapan psikotes. Seminggu kedepan diharapkan hasilnya sudah keluar. Kita juga sudah panggil BKD dan Sekda untuk membentuk Pansel untuk uji kelayakan,” terang Amsakar.

Pansel yang ditunjuk berasal dari BKN Regional, tiga perguruan tinggi di Batam serta pegawai negeri sipil (PNS) senior yakni yakni Sekda Agussahiman, kepala BKD M Sahir, dan Asisten Administrasi Umum, Firmansyah.. Yang mana besar harapannya, Pansel dapat bekerja kooperatif menentukan calon SKPD terbaik.

“Calon SKPD ini harus memberikan target kerja selama lima tahun. Apa capaian yang ingin dia raih selama satu tahun hingga tiga tahun kedepan. Kemudian, bentangkan dengan kondisi eksistin, terutama dengan permasalahan-permasalahan yang ada di daerah ini (Batam),” jelas Amsakar.

Misalnya, calon Kepala Dinas Kebersihan, dimana kondisi sampah 9,5 ton perhari dengan jumlah pekerja 1300 orang, jadi karena keterbatasan peralatan jadi sampah yang bisa diangkut sekitar 70 sampai 80 persen perhari.

“Nah, nanti akan ditanya, bagaimana cara calon menyelesaikan itu, apa target selama satu tahun,” imbuh Amsakar.

Menurut dia, saat ini pansel tengah mempersiapkan materi-materi yang relevan dengan pokok institusi yang akan diseleksi. Ia percaya mekanisme itu cara mendapatkan calon terbaik untuk SKPD kedepannya.

Saat itu juga, Amsakar tak bisa menyangkal jika salah satu kandidat calon SKPD yang akan tersingkir adalah Kepala DKP Sulaiman.

“Semua berpotensi dirombak dan digeser. Ada beberapa di antaranya yang berpotensi dipromosikan. Kalau kita mengumpulkan ada sekitar 8 SKPD yang diganti. Satu DKP, dua DKP dan yang ketiga rencananya DKP,” papar Amsakar. ***

July 22, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: