Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Asman Abnur, Archandra Tahar, Nila Moeloek Jadi Menteri

Ketiganya Representasi Urang Awak di Dunia Politik Nasional

PADANG – Presiden RI Joko Widodo telah melantik 13 menteri kabinet Jokowi Jilid II di Istana Negara pukul 13.43 WIB.  Dua nama itu selain merupakan wajah baru di kabinet Jokowi Jilid II, mereka juga berdarah Minang dan alumni salah satu sekolah menengah di Padang.

Asman Abnur dan Suprizal Tanjung, Jumat 28 Agustus 2015, F Suprizal Tanjung (7) oke image 2

Pembina Yayasan BTP, Asman Abnur (kiri) dan Suprizal Tanjung di kampus BTP, Jumat (27/8/2015). F Suprizal Tanjung 

Dua nama itu adalah Asman Abnur dan Archandra Tahar.  Selain itu ada juga menteri yang tetap bertahan di jabatan semula yaitu Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K).

Archandra Tahar

Archandra Tahar mendapat kepercayaan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Archandra menggantikan Sudirman Said yang tak lagi masuk kabinet.

Lulusan Institut Teknologi Bandung ini dikenal sebagai sosok yang cerdas. “Ia kutu buku,” kata Janewar, 49 tahun, kakak kandung Archandra, kepada Tempo, di Kota Padang, hari ini, 27 Juli 2016.

Archandra menghabiskan waktu kecilnya di Jalan Hamka, Parupuk Tabing, Koto Tangah, Kota Padang. Dia bersekolah di SD Angkasa Pura dan berlanjut ke SMP Tabing, yang kini dikenal sebagai SMP 13 Padang.

Archandra juga alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan merupakan salah satu pengusul off shore blok Masel. Dia juga memiliki firma di Amerika Serikat.

Asman Abnur

Asman Abnur adalah representasi dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan juga putra Minang yang lahir di Kabupaten Padang Pariaman. Sebelum Golkar, PAN juga lebih dulu menyatakan dukungannya kepada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Asman akan dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menggantikan Yuddy Chrisnandi.

H. Asman Abnur, S.E., M.Si lahir di Padang Pariaman, Sumatera Barat, 2 Maret 1961 umur 55 tahun) adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia. Ia merupakan anggota DPR RI dari Kepulauan Riau.

Asman yang merupakan putra Minangkabau asal Pariaman, lahir dari pasangan H. Aburuddin Hamzah dan Hj. Nurcahya. Ayahnya merupakan seorang pedagang emas di Tanjung Pinang dan Batam.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya, Asman melanjutkan usaha orang tuanya berjualan emas. Dari usaha ini ia kemudian mengembangkan berbagai macam jenis usaha, diantaranya beberapa unit SPBU, sejumlah restoran, apotek, pusat kebugaran, Bank Perkreditan Rakyat Konvensional & Syariah, dan money changer. Karena aktif di dunia usaha, ia pernah memegang berbagai posisi penting, diantaranya Ketua HIPMI Batam dan Ketua Kadin Batam. Kini aktivitas bisnisnya merentang antara Batam, Singapura, dan Jakarta.

Asman memulai kariernya di bidang politik dengan menduduki kursi DPRD Kota Batam (1999-2004). Ia kemudian menjabat Wakil Walikota Batam, sebelum akhirnya mengundurkan diri karena ingin mencalonkan diri menjadi wakil rakyat di DPR RI. Pada tahun 2004 ia menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional). Hingga saat ini ia masih menduduki kursi parlemen mewakili daerah pemilihan Kepulauan Riau. Di DPR RI ia pernah menjabat sebagai Ketua Komisi X dan Ketua Panitia Kerja (Panja) BUMN.

Selain aktif di dunia bisnis dan politik, Asman juga terjun mengurusi urusan sosial-keagamaan. Di Batam, ia membangun Masjid Jabal Arafah (MJA) serta tempat wisata religi MJA Tower setinggi 58 meter.

Nila Djuwita F. Moeloek

Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K) (lahir di Jakarta, 11 April 1949; umur 67 tahun) adalah Menteri Kesehatan Indonesia pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Ia seorang ahli oftalmologi (ilmu penyakit mata) dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Harapan urang awak tertumpang pada dua menteri ini, semoga mereka bisa berkontribusi untuk pembangunan Sumatera Barat dan membanggakan masyarakat minang.  (RI)

.

.

.

http://minangkabaunews.com/artikel-9579-asman-abnur-dan-archandra-tahar-dilantik-jadi-menteri-keduanya-representasi-urang-awak-di-nasional.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Nila_Moeloek

https://nasional.tempo.co/read/news/2016/07/27/078790996/begini-sosok-menteri-archandra-di-mata-keluarga

 

July 27, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: