Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Asman Abnur: Harus Transparan dan Tidak Ada Kecurigaan kepada Pengelola Pemerintahan

Putra Kepri Pertama yang J

Mantan Wakil Wali Kota Batam Asman Ab­nur dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi oleh Presiden Joko Widodo, kemarin. Sejak Partai Amanat Nasional menyatakan diri bergabung dengan pemerintah, nama Asman memang sudah santer disebut-sebut bakal masuk kabinet.

asman-abnur-dan-suprizal-mu-23-juni-2013-f-suprizal-tanjung-3-image

H Asman Abnur (kanan) dan Suprizal Tanjung di Masjid Jabal Arafah, Nagoya, Batam, Minggu (23/6/2013). F Suprizal Tanjung

Ia sempat dikabarkan akan menduduki kursi menteri perdagangan dan menteri kehutanan. “Baru tahu posisi jabatan yang akan ditempati tadi pagi saat dipanggil Presiden,” ujarnya kepada Batam Pos, tadi malam. Asman adalah tokoh Kepri pertama yang terpilih sebagai menteri.

Saat dihubungi Batam Pos, Asman tengah rapat dengan staf khusus dan jajaran eselon I KemenPAN RB. “Baru selesai serah terima jabatan dengan menteri yang lama, langsung rapat,” katanya.
Wakil Ketua Umum DPP PAN itu menuturkan, ia pertama kali dipanggil ke Istana sekitar tiga hari lalu.

“Saya ditelepon Mensesneg Pak Pratikno diminta datang ke Istana.” Di sana ia menjalani proses wawancara.

“Lalu, kemarin saya dihubungi lagi oleh Mensesneg disuruh persiapan dan datang ke istana hari ini. Tapi, saya nggak tahu akan di pos mana,” katanya, Rabu (26/7/2016).

Sebagai mantan wakil wali kota dan tiga periode berada di DPR RI, yang berhubungan dengan berbagai kementerian dan lembaga negara, Asman mengaku punya bekal cukup untuk menggawangi KemenPAN RB.

“Itu modal untuk menyesuaikan diri dengan tugas baru ini. Mudah-mudahan tidak butuh waktu lama,” katanya.

Menurut Asman, dengan waktu kerja yang tersisa tiga tahun ke depan tidak mungkin semua persoalan di kementerian bisa diselesaikan.

“Karena itu saya menetapkan prioritas kerja. Fokus saya mengurangi kebocoran anggaran di daerah-daerah dengan memperbaiki sistem e-budgeting,” katanya.

Asman menetapkan target, sistem e-budgeting beberapa provinsi dan kabupaten/kota terkoneksi satu sama lain dan bisa diakses publik.

“Lebih transparan dan tidak ada lagi kecurigaan dari masyarakat kepada pengelola pemerintahan. Semua bisa dilihat,” katanya.

Asman lahir di Pariaman, Sumatera Barat 2 Februari 1961. Keluarganya kemudian merantau ke Kepri. Seperti kebanyakan orang Pariaman di perantauan, mereka berdagang emas. Usahanya berkembang dan berhimpun di bawah bendera Grup Banda Baru. Bisnis keluarganya merambah SPBU, bank, apotik, money changer, rumah makan, pendidikan, dan perumahan.
Kata Abnur di belakang nama Asman merupakan gabungan nama ayah dan ibunya Aburuddin Hamzah dan Nurcahya.
Sebelum terjun ke politik, Asman pernah memimpin Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Batam pada 1998-1999 dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam 1999 hingga 2001. Pada 2001 ia terpilih sebagai wakil wali kota Batam berpasangan dengan Nyat Kadir.

Digantikan Siti Sarwindah
Setelah dilantik menjadi Menteri PAN-RB, Asman Abnur otomatis harus meninggalkan kursinya di Komisi IX dari Fraksi PAN di DPR. Berdasarkan ketentuan, posisi Asman di DPR itu akan digantikan oleh Siti Sarwindah melalui mekanisme pargantian antar waktu (PAW).
Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, dalam pemilu legislatif (Pileg) 2014 lalu Siti Sarwindah mendapatkan suara sebanyak 4.615. Suara Siti merupakan yang terbanyak kedua setelah Asman.
“Catatan kami, peraih suara terbanyak urutan ke dua setelah Asman Abnur dalam PAN adalah Dra Siti Sarwindah Msi,” kata KPU Kepri, Said Sirajuddin, tadi malam (27/7).
Said menyatakan, sesuai aturan, maka mekanisme penetapan anggota DPR RI pengganti Asman harus melewati mekanisme administrasi, DPP PAN menyurati penggantian anggota DPR ke DPR RI, kemudian DPR menyurati ke KPU RI.
“Kemudian, KPU RI menunjuk berdasarkan peraihan suara terbanyak selanjutnya,” kata dia.
Sesuai dengan ketentuan, Siti Sarwindah akan menggantikan posisi Asman Abnur, kecuali berhalangan tetap, dan digantikan calon anggota legislatif dengan suara terbanyak dari PAN berikutnya.
Berdasarkan catatan KPU Kepri, dalam Pemilihan Legislatif 2014, PAN memastikan mengutus perwakilannya ke DPR RI setelah mengumpulkan 12.939 suara, dengan suara terbanyak diraih Asman Abnur. Siti Sarwindah memperoleh 4.615 suara, sedikit mengungguli Jufri Taufiq yang meraih 4.163 suara.
Karier politik Asman Abnur dimulai pada 2001, dengan terpilih sebagai anggota DPRD Kota Batam, lalu dilantik menjadi Wakil Wali Kota Batam hingga 2004.
Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Andalas itu kemudian ditugasi partainya untuk menjadi anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kepulauan Riau pada 2004-2009. Lepas itu, PAN kembali menugaskannya menjadi anggota DPR RI, tapi dari Daerah Pemilihan Riau, hingga 2014.
Pada Pileg 2014 dia kemmbali maju dan terpilih menjadi wakil rakyat hingga periode 2019. Namun kali ini dia maju melalui Dapil Kepri. Hingga akhirnya, Asman dilantik menjadi MenPAN RB, kemarin (27/7).
Sementara Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Batam, Yudi Kurnain menyambut antusias pelantikan Asman Abnur menjadi MenPAN-RB.
“Kami bersyukur dan bangga putra Kepri bisa duduk dalam jajaran kabinet baru. Pelantikan ini merupakan harapan lama dari masyarakat Kepri,” ujar Yudi, kemarin (27/7).
Menurut Yudi, kapasitas Asman Abnur sangat mumpuni untuk mengelola kementerian yang mengatur tentang birokrasi dalam kelembagaan negara tersebut.
“Pak Asman itu seorang profesional. Beliau terkenal akan sikap efisiennya dalam menyelesaikan masalah,” kata Yudi lagi.
Asman merupakan politikus jempolan. Yudi berharap dengan posisi barunya di kementerian dapat memberikan peluang Batam untuk bisa berkembang lebih baik lagi.
Satu hal yang menjadi catatan penting dan harapan masyarakat Kepri adalah legalitas hubungan kerja antara Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pemerintahan Kota (Pemko) Batam harus diciptakan agar keduanya bisa berjalan harmonis membangun kota Batam.
“Kita akan mendukung pak Asman untuk mendukung pemerintahan pak Jokowi dan mendorong kesejahteraan Kepri ke arah yang lebih baik,” pungkasnya. (leo/cr13)

July 28, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: