Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Bentuk Satpam yang Bersahabat namun Tegas

H Mayor, Direktur PT Sergap 17

Nama PT Sergap 17 sudah tidak asing lagi di Batam, dan Provinsi Kepri pada umumnya. Ribuan satuan pengaman-nya (satpam) telah merambah berbagai perumahan, kawasan industri, shipyard, mal, bank, dan lainnya. Pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 satpam kali  ini, seluruh keluarga besar PT Sergap ingin menjadi mitra terbaik bagi para ratusan user (masyarakat, pengusaha, pengguna  jasa, red). Bagaimana Direktur PT Sergap 17, H Mayor memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pengamanan ini agar semakin dipercaya user? Redaktur Batam Pos, Suprizal Tanjung mewawancarai lelaki berpenampilan sederhana ini tentang bagaimana strateginya mengelola menajemen Badan Usaha Jasa Pengamaman (BUJP) ini dan ribuan satpam-nya di Batamkota, Batam, Rabu (28/12/2016).

mayor-untuk-batam-pos-2-sendiri-image

H Mayor.

Selamat HUT ke-35 Satpam, Pak Haji.
Terima kasih. Sebelumnya saya mengucapkan selamat HUT ke-35 Satpam kepada keluarga besar BUJP, serta para satpam.

mayor-sosok-minggu-1-januari-2017

Di HUT ini, bendera PT Sergap 17 tetap tegak dan berkibar.
Alhamdulillah. Semua itu tidak lepas dari  kerja sama serta bantuan keluarga, para staf, dan para satpam sejak tahun 2005, perusahaan ini beroperasi. Terlebih dari Kapoltabes Barelang, Kapolda Kepri yang terdahulu, maupun yang sekarang. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri yang terdahulu maupun sekarang. Kita sangat berterima kasih kepada semua pihak.

Untuk pengusaha?
Itu yang tidak boleh kita tinggalkan. Puluhan pengusaha, masyarakat yang secara langsung dan tidak langsung membesarkan dan menggunakan satpam dari PT Sergap. Tanpa kepercayaan mereka, kita tidak ada apa-apanya. Pengusaha  yang menggunakan  jasa kita. Dari mereka, kita banyak tahu apa kekurangan dan kelebihan. Ini semacam evaluasi diri. Kondisi inilah yang menjadi dasar bagi kita untuk terus memperbaiki diri.

Apa bentuknya?
Kita terus mengadakan koordinasi dan komunikasi dengan para pengusaha, karyawan, dan orang-orang yang menggunakan jasa kita. Kita jujur saja meminta mereka untuk tidak segan memberikan informasi, menegur terhadap kinerja satpam kita.

Hasilnya?
Kita semakin tahu bagaimana watak dan kinerja satpam kita. Mereka yang bekerja sungguh-sungguh, kita pertahankan, bahkan diberikan penghargaan. Jika ada yang salah kita tegur.  Melakukan pelanggaran berat, ya kita pecat.

Ada pelanggan berat dilakukan satpam?
Sebenarnya bukan pelanggaran berat. Tapi karena ini terkait dengan orang banyak, maka disiplin dan sanksi harus dijalankan. Misalnya tidur saat bekerja. Tidur adalah kebutuhan setiap orang. Sangat manusiawi. Namun karena dilakukan saat bekerja, ya tidak boleh. Satpam adalah mengamankan tempat kerja dan wilayah sekitarnya. Bagaimana keamanan bisa tercipta kalau petugas keamanannya tidur di pos jaga. Kan ini sangat berbahaya. Bisa-bisa maling, atau perampok sudah lari, ee satpam baru bangun. Ini tidak kita inginkan.

Pernah terjadi di PT Sergap 17?
Insya Allah itu tidak akan terjadi. Kita banyak membaca koran, melihat di TV, radio dan lainnya tentang berbagai kasus kriminal, penyebabnya, antisipasinya, dan lainnya. Semua menjadi pelajaran bagi kita dalam mendidik satpam sebelum diterjunkan ke lapangan seperti di perusahaan, mal, rumah sakit (RS), shipyard dan lainnya.

Anda tadi menyebutkan tentang pendidikan satpam? Seperti apa?
Begini. Setiap tahun kita selalu membuka lamaran penerimaan calon satpam. Contohnya pada Bursa Kerja di konter Bursa Kerja, Kampus Politeknik Negeri Batam, Batam Kota, mulai Selasa (14/10/2014) sampai Kamis (16/10/2014). Ketika itu pelamar mencapai 300-500 orang dalam satu hari. Selama tiga hari membuka lowongan, ada sekitar 1.000 sampai 1.200 calon satpam memasukkan lamaranya ke salah satu perusahaan penyedia jasa tenaga kerja profesional di Kepri ini. Persentase pencaker, 90 persen lelaki, 10 persen perempuan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam karena terus dipercaya mengisi Bursa Kerja yang ada. Pendidikan satpam itu dimulai dari pendaftaran dengan melampirkan Kartu Tanpa Penduduk (KTP), Sertifikat Satpam, Kartu Tanda Anggota (KTA) Satpam, Surat Kelakukan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan Kartu Kuning dari Disnaker.

Kok itu disebut pendidikan?
Betul. Mendaftar itu kan ada waktu, tanggal, bulan tahun. Ada berbagai persyaratan. Sejak awal kita didik para calon satpam tadi untuk disipilin, teratur administrasi, dan tepat waktu. Ini penting. Bagaimana satpam bisa mengatur, dan mendisiplinkan orang banyak, jika sang pengatur (satpam-nya) tidak bisa memberikan teladan yang baik. Ini kan ironi. Pendidikan dan pelatihan terus dilakukan manajemen. Semua dijalankan karena persoalan keamanan semakin kompleks. Satpam dibekali ilmu beladiri, kemampuan menciptakanan keamanan dan ketertiban. Di samping itu, satpam juga diberikan  pendidikan untuk memberikan ketenangan dan kenyaman bagi karyawan dan perusahaan.

Maksudnya?
Kita membentuk satpam di PT Sergap sebagai manusia yang sikapnya ramah, bersahabat, sopan kepada siapapun. Namun ingat, dia juga adalah pengaman bagi lingkungan yang memiliki badan besar, tegap, punya ilmu beladiri. Di balik itu, sopan santun dan ketegasan harus dijaga. Satpam itu kerjanya membuat aman lingkungan dan tempat bekerja. Bukan malah menjadi provokator keributan. Ini pernah terjadi tempat tertentu, tapi tidak boleh terjadi di PT Sergap 17.

Pendidikan lain?
Sekitar 100 satpam PT Sergap 17 mengikuti pendalaman Safety Riding (aman berlalulintas, red) yang digelar Satlantas Polda Kepri, di ruang Regional Traffic Management Centre (RTMC), Mapolda Kepri, Nongsa, Batam, Kamis (11/4/2013). Iinternal PT Sergap 17, kita telah memberikan  pelatihan bagi 600 satpam yang menyebar di Batam, Karimun, dan Palembang pada Kamis (7/4/2016). Peserta pelatihan terus ditambah dari waktu ke waktu. Upaya memberikan pendidikan ini seiring dengan telah diperolehnya surat izin melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi para satpam dari Mabes Polri belum lama ini, dan izin K9 (menggunakan anjing pelacak). Bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri, Sergap kerap memberikan pendidikan bahaya narkotika kepada satpam.

Untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan bagaimana?
PT Sergap 17 kini sudah memiliki dua unit mobil patroli. Manajemen datang dengan mobil  untuk mendatangi, memantau perusahaan-perusahaan yang menggunakan  jasa para satpam PT Sergap 17. Nantinya akan diketahui perusahaan mana saja yang aman, kurang aman, satpam mana saja yang rajin dan kurang rajin bekerja. Semua dilakukan demi meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa. Setiap perusahaan dipasang  Closed Circuit Television (CCTv, televisi sirkuit tertutup) dan kita bisa memantau kondisi perusahaan tadi dari kantor PT Sergap 17.

Apa hasil kerja keras dan kedisiplinan tersebut?
Alhamdulillah. PT Sergap 17 meraih penghargaan Terbaik II Pada Bidang Penyediaan Tenaga Pengamanan di Wilayah Hukum Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau (Kepri), di lapangan Community Centre Kawasan Industri Batamindo, Batam, Jumat (30/12/2011). Piagam penghargaan dengan nomor: B/2713/XII/2011. Kemudian, PT Sergap juga meraih Terbaik I Pada Bidang Penyedia Tenaga Pengamanan di Wilayah Hukum Kepolisian Daerah (Polda) Kepri, di lapangan Community Centre (CC) Batamindo Industrial Park (BIP), Mukakuning, Batam, Senin (30/12/ 2013). Piagam penghargaan Nomor: B/ 03/ XII/ 2013 tertanggal Senin (30/12/2013).

Cukup banyak?
Ada lagi. PT Sergap 17 meraih penghargaan Terbaik I Pada Bidang Penyedia Tenaga Pengamanan di Wilayah Hukum Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), di lapangan Lapangan Engku Putri, Batamkota, Selasa (30/12/2014). Piagam Penghargaan Nomor: B/01/XII/2014 tertanggal Selasa (30/12/2014). Semua penghargaan diserahkan langsung Bapak-Bapak Kapolda saat itu.

Bagaimana pendapat Anda tentang penghargaan tadi?
Semua penilaian dari tim dan kemudian ditandatangani Kapolda. Itu tidak bisa diminta. Penilaian dilakukan secara jujur, adil, dan apa adanya. Tidak ada rekayasa. Penghargaan adalah pengakuan hasil kerja tim. Bagi kami mudah mendapatkannya (penghargaan , red), karena semua aturan kami ikuti. Yang berat adalah mempertahankan dan meningkatkan pelayanan demi mepertahankan kepercayaan pengusaha dan masyarakat itu yang berat.

Ada ungkapan khusus?
Keberhasilan bisa diraih atas kerja sama dan bantuan kawan-kawan satpam. Satpam adalah pekerjaan profesi dan mulia. Ketika orang lain tidur, satpam berjaga. Saat orang lain meraih prestasi, dan keberhasilan, satpam ikut merayakan, mengamankan, dan mendoakan.

~~~~~~~~~~ ooo000ooo ~~~~~~~~~~

Biodata

Nama                : H Mayor
Tempat Lahir            : Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel)
Tanggal Lahir            : 12 nov 1968
Anak ke            : 2 dari 6 bersaudara
Jumlah Anak            : 4 orang
Pendidikan            : SD di Palembang
: SMP di Palembang
: SMA di Palembang
Organisasi            : Ketua Harian Partai Berkarya Kota Batam
: Ketua Dewan Pertimbangan Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Batam
Pekerjaan            : Direktur PT Sergap 17

~~~~~~~~~~ ooo000ooo ~~~~~~~~~~

Advertisements

January 3, 2017 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: