Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

RSHB Gunakan Program Sistem Informasi Manajemen

Rayakan HUT ke-24

Ketua Yayasan Harapan Bunda Batam, Hj Gusnawati AMd Keb secara resmi melaunching penggunaan Sisten Informasi Manajemen Rumah Sakit di Rumah Sakit Harapan Bunda, Selasa (17/1) pukul 09.00 WIB.

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

‘’Alhamdulillah. Kita terus melakukan perubahan, inovasi, dan perbaikan dalam segala hal. Termasuk menggunakan sistem informasi manajemen,’’ sebut Gusnawati saat memberikan sambutan saat itu.

RSHB, Made, 25 Juli 2012 Rabu, F Suprizal Tanjung (1) image

Made Tantra Wirakesuma memperlihatkan sertifikat Akreditasi Penuh untuk Tingkat Dasar dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) RI yang diraih RSHB, di lantai 2 RSHB, Seraya, Batam, Rabu (25/ 7/ 2012). F Suprizal Tanjung

Launching program ini papar Gusnawati, seiring dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 RSHB. Di usia yang sudah cukup dewasa tersebut, manajemen berkeinginan menjadikan RSHB sebagai rumah sakit yang ramah, sopan, cepat, tepat, dan penuh kekeluargaan.

Direktur RSHB Batam, Dr Made Tantra Wirakesuma MARS menambahkan, Sisten Informasi Manajemen Rumah Sakit ini merupakan sistem pengumpulan, pengolahan data yang dikerjakan secara komputerisasi. Sistem ini memuat daftar pasien, segala data pasien, penyakit, dokter yang menangani pasien, ruanagan pasien, obat yang diberikan, berapa lama pasien berobat dan lainnya.

Lewat sistem ini sebut Made, manajemen RSHB akan semakin mudah dan cepat memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Sebab, segala hal yang berkaitan dengan penyakit, penanganan, obat, dan lainnya sudah terangkum dalam sistem komputerisasi.

Manfaat lain dari sistem ini adalah memudahkan manajemen untuk mengevaluasi kelebihan dokter, ruangan, obat, dan sistem pelayanan yang mereka berikan. Sebab, tanpa evaluasi, akan sulit bagi sebuah lembaga kesehatan seperti RSHB ini untuk bisa memposisikan diri sebagai rumah sakit terbaik, tercepat, dan kekeluargaan di Kepri.

‘’Target kita, ingin menjadikan RSHB sebagi rujukan bagi masyarakat Kepri untuk mendapatkan pelayanan lebih baik dari tempat lain,’’ tegas Made.

Made melanjutkan, sistem ini terkoneksi dengan lembaga-lembaga pemerintah lainnya yang ada hubungannya dengan RSHB. Misalnya Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Pemko Batam, dan lainnya. Tujuannya apa? Ini sebagai upaya manajemen dan lembaga pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan standar nasional, dalam hal ini cepat dan mudah.

Bicara tentang RSHB sebut Made, Kamis (19/1) besok, Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) akan melakukan survei sistem pelayanan RSHB. Akreditasi ini sangat penting untuk mengetahui sejauh mana kualitas RSHB.

Akreditasi ini menjadi bukti, bahwa berbagai jenis pelayanan, administrasi dan rekam medis RSHB selama ini tidak setengah-setengah. Personel kesehatan RSHB biasa bertindak cepat, tepat, dan terbaik. Ini akan berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat Kepri terhadap RSHB. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya RHSB mendapatkan penghargaan. Lembaga formal dan informal, perusahaan, dan lainnya banyak bekerja sama dengan RSHB di bidang kesehatan. ***

Advertisements

January 19, 2017 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: