Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

SMP IT Nurul Muhajirin Study Tour ke Jawa Timur

Kunjungi Objek Wisata dan Bersyukur kepada Allah

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

KELUARGA besar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Nurul Muhajirin melakukan study tour ke berbagai objek wisata di Provinsi Jawa Timur (Jatim) mulai Rabu (1/2/2017) sampai Minggu (5/2/2017).

SMP IT Nurul Muhajirin Tiban Indah. Su 4 Juni 2011. F Suprizal Tanjung (44) image

Murid Siswa SMP IT Nurul Muhajirin berkumpul di halaman sekolah, Jalan Tiban Indah Sekupang, Komplek Masjid Al Muhajirin Batam, Sabtu (4/6/2011). F Suprizal Tanjung

‘’Kegiatan tahunan ini diikuti 150 peserta terdiri dari murid, orang tua murid, wali murid, dan guru,’’ sebut Kepala SMP IT Nurul Muhajirin, Masykur Usman Piri, S.Pd, Minggu (5/2/2017).

SMP IT Nurul Muhajirin Tiban Indah. Su 4 Juni 2011. F Suprizal Tanjung (11) image

Murid SMP IT Nurul Muhajirin di sekolah ini Jalan Tiban Indah Sekupang, Komplek Masjid Al Muhajirin Batam, Sabtu (4/6/2011). F Suprizal Tanjung

Masykur mengatakan, dalam kegiatan ini, mereka mengunjungi berbagai objek wisata menarik seperti Wisata Bromo, Bukit Teletubbies, Pasir Berbisik, Jatim Park 2, Masjid Seribu Pintu, Eco Green, Wisata Selecta, Batu Night Spectacular, Kebun Apel, dan Jatim Park 1. Mereka juga mengunjungi Museum Angkut, Museum Bagong, dan Alun-Alun Kota Batu. Untuk kelancaran acara, panitia mendapat bantuan dari Pandu Wisata Tour and Travel Yogyakarta.

SMP IT Nurul Muhajirin Tiban Indah. Masykur Usman Piri. Su 4 Juni 2011. F Suprizal Tanjung (4) image

Masykur Usman Piri, di SMP IT NM, Kompleks Masjid Al Muhajirin Tiban, Sabtu (4/6/2011). F Suprizal Tanjung

Ketua Panitia, Lalu Munawir, S.Pd.I dan Silvi Indria, SP menambahkan, iven ini telah dirancang keluarga besar SMP IT Nurul Muhajirin beberapa bulan lalu. Banyak target yang ingin dicapai dalam kegiatan ini. Salah satunya adalah tadabur alam (mengamati dan meneliti alam, red). Dengan tadabur alam diharapkan peserta study tour dapat mengambil manfaat. Misalnya akan semakin meningkat rasa syukur atas nikmat dan anugerah Allah yang telah menciptakan keanekaragaman alam, keindahan alam, termasuk keindahan Gunung Bromo.

Lewat study tour ini papar Lalu, peserta semakin merasakan kebesaran Allah. Bagaimana tidak. Jika berada di tengah-tengah alam ciptaan Allah yang luas ini, maka kita akan merasa semakin kecil. Itu sedikit banyaknya akan mengurangi kesombongan diri. Murid-murid diajarkan bahwa hidup manusia tidak akan terlepas dari alam dan lingkungan yang mempengaruhi setiap gerak-gerik kehidupan. Tanpa alam dan lingkungan, manusia tidak akan mampu hidup dan bersosialisasi.

Pada zaman sekarang kata Lalu, sebagian manusia lupa dan tidak menyadari manfaat alam sekitar, dan tidak mensyukuri keberadaan alam. Sebagian manusia merusak alam seperti menebang pohon, menimbun rawa, meracun air sungai, meledakkan air laut, menggali bukit, dan lainnya. Ini membuat lingkungan jadi rusak. Banjir, longsor, jalan rusak, ikan mati, dan lainnya. Penyebab kerusakan itu tidak boleh dilakukan oleh satupun dari keluarga besar SMP IT Nurul Muhajirin. Murid-murid SMP IT Nurul Muhajirin, sejak muda diajak dan ditanamkan jiwa memelihara alam, bisa menyelamatkan isi alam, dan menolak tindakan siapapun yang merusak isi alam.

Melalui tadabur alam ini, seluruh keluarga besar SMP IT Nurul Muhajirin akan semakin tertanam rasa syukur kepada Allah. Negara Indonesia telah diberikan alam yang subur, kaya raya, dan luas. Semua itu harus dijaga. Kewajiban murid-murid untuk ikut mengawasi alam sekitar.

Atas dasar itulah, SMP IT Nurul Muhajirin mengadakan tadabur alam dalam rangka menikmati keindahan alam sekaligus berterima kasih atas keindahan, kebesaran, dan kesuburan alam Indonesia, khususnya wisata Gunung Bromo dan wisata lainnya di Malang Jawa Timur. Semua itu adalah karunia Allah yang harus dijaga kelestariannya agar bisa dinikmati generasi yang akan datang. Hal terpenting dari semua ini, pada saat study tour, para guru, orang tua murid, wali murid, komite, dan murid-murid sangat menjaga ibadah salat berjamaah. Beberapa peserta lainnya melakukan doa dan zikir dalam perjalanan tersebut.

Study tour ini juga menjadi sarana refreshing (penyegaran, red) bagi siswa dan juga guru. Melalui kegiatan ini, kebersamaan antara siswa, komite, orang tua, wali, dan guru semakin meningkat dan terjalin komunikasi lebih baik. Diharapkan, setelah study tour ini, murid dan guru semakin segar badan dan pikirannya. Oleh karena itu, proses belajar mengajar akan semakin baik, penuh semangat, banyak inovasi, dan kreatif, sehingga dapat menghasilkan murid SMP IT Nurul Muhajirin yang cerdas, dan berakhlak. ***

Advertisements

February 8, 2017 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: