Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Nurdin: Wapres Minta BP batam bubar

RENGGA YULIANDRA, Batam

Gubernur Kepri Nurdin Basirun berharap segera ada keputusan dari Pre­siden Joko Widodo terkait pembagian kewenangan dan wilayah kerja antara Badan Pengusahaan (BP) Batam dengan Pemerintah Kota Batam. Sebab, masalah ini sangat menentukan kecepatan perkembangan ekonomi Batam.

Tarik menarik kepentingan antara dua lembaga tersebut, selain membingungkan warga -khususnya kalangan pe­ngusaha yang akan mengurus izin usaha, muaranya adalah terhambatnya roda ekonomi karena banyak izin yang mandek akibat tidak sinkronnya sistem birokrasi di kedua lembaga.

“Saya sudah laporkan semua masalah ini kepada Presiden,” ujar Nurdin, Senin (17/4/2017), saat berbincang dengan jajaran Batam Pos Group di Graha Kepri, Batam.

Menurut Nurdin, Presiden tahu persis apa yang terjadi di Batam. “Dia paham soal Batam. Termasuk soal keluhan-keluhan itu. Pasti beliau juga banyak dapat laporan,” ka­tanya.

Dalam rapat terbatas di Istana Presiden, Kamis (30/3/2017), yang juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Nurdin kembali memaparkan masalah yang terjadi di Batam. “Saya sampaikan soal dualisme BP Batam dan Pemko Batam harus diselesaikan. Ini sangat mengganggu jalannya perekonomian Batam.

Karena semua serba menunggu. Presiden berjanji akan segera menuntaskan masalah ini dengan menerbitkan aturan baru, bisa peraturan pemerintah bisa keputusan presiden,” katanya.

Yang menarik, tutur Nurdin, saat ia menjelaskan persoalan konflik kewenangan antara BP Batam dengan Pemko Batam, Wapres Jusuf Kalla memotong pemaparannya. “Wapres bilang: kalau begitu bubarkan saja BP Batam. Nggak perlu lagi ada BP Batam. Serahkan saja semua ke daerah. Kita ingin semua cepat,” tuturnya menirukan ucapan Wapres Jusuf Kalla.

Kini, kata Nurdin, ia dalam kapasitas sebagai gubernur maupun anggota Dewan Kawasan Batam, menunggu apapun keputusan pemerintah pusat tentang Batam. “Presiden sudah berjanji dalam waktu dekat. Kami berharap itu yang terbaik untuk Batam,” katanya.

Banyaknya keluhan yang disampaikan kalangan pengusaha terhadap lambatnya layanan perizinan di BP Batam, terutama terkait lahan, membuat Nurdin yakin akan ada pergantian kepemimpinan di BP Batam sebelum periode pimpinan saat ini berakhir. “Mereka kan orang-orang yang sudah pensiun semua. Lebih pas nimang-nimang cuculah,” katanya.

Batam Masih Menarik

Di tengah kelesuan ekonomi, Delegasi Perdagangan Rusia mengunjungi kantor BP Batam Senin (17/4). Utusan dari negeri beruang putih ini ingin melihat secara langsung kondisi Pelabuhan Batuampar sekaligus menjajaki hubungan kerjasama investasi dan pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir di Batam.

“Kami sudah mengeksplorasi Batam. Dan kami anggap Batam sebagai tujuan investasi yang menarik,” kata Kepala Perwakilan Perdagangan (Trade Representative) Rusia, Sergey Rossomakhov kepada media.

Sergey beserta rombongannya mengunjungi Pelabuhan Batuampar, kemudian ke Batamindo Industrial Park, Kabil Industrial Estate, dan Bandara Hang Nadim untuk meninjau Maintenance Repair Overhaul (MRO) di sana.

“Kunjungan kami dalam rangka mencari informasi mengenai perkembangan investasi di Batam,” jelasnya.

Batam juga menjadi sasaran utama Rusia dalam proyek pengembangan pembangkit listrik dari energi yang dapat diperbarui seperti energi nuklir.

“Batam memang menarik, saya akan undang investor Rusia ke Batam. Dan juga program Izin Investasi 3 Jam (i23J) sangat atraktif. Delapan dokumen dalam tiga jam,” jelasnya lagi.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono juga mengatakan Batam memang masuk rencana pemerintah pusat sebagai pilot project pengembangan pembangkit listrik bertenaga nuklir selain Pulau Belitung.

“Pembahasan nuklir akan digelar pada Energy Summit di Jakarta, Mei nanti dan akan dibuka oleh Menteri ESDM. Batam masuk sebagai agenda.

Andi mengakui pihaknya sudah melakukan pengkajian mengenai pengembangan nuklir. Dan pada Energy Summit nanti akan dibahas lebih dalam lagi.

“Kita memikirkan jangka panjang, karena belum tentu nanti batubara dan gas ada lagi. Singapura dan Vietnam sudah memulai, kita kapan lagi,” jelasnya.

Pembangkit listrik tenaga nuklir memiliki ketahanan hingga 50 tahun dan merupakan sumber daya alam yang dapat memperbaharui energinya sendiri.

“Lagipula harga listrik per kwh nya lebih murah,” kata Andi. (leo)

Advertisements

April 22, 2017 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: