Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Jadikan pelanggan sebagai Keluarga kedua

Putu Ely Kusuma Widiastuti, Pemilik Labatu Spa

Perawatan spa, treatment dan lainnya untuk orang dewasa, sudah bukan hal baru. Namun, kalau jasa tadi difokuskan untuk bayi, balita, anak-anak, remaja, ibu hamil, kakek nenek, ini jarang terdengar. Pemilik Labatu Spa, Ely Kusuma Widiastuti mengaku perawatan spa, treatment dan lainnya itu telah mendapat tempat sangat baik di hati 1.897 member (pelanggannya, red). Bagaimana Ely mencapai semua itu? Berikut wawancara redaktur Batam Pos, Suprizal Tanjung dengan Ely konter Labatu Baby Kids and Mom Spa di Ruko Kepri Mall, nomor 38, Batam, Minggu (7/5/2017).

Bagaimana ceritanya sampai Labatu hadir dan bisa eksis sampai sekarang?
Labatu hadir dari pengalaman saya waktu mempunyai anak pertama Putu Ellya Kusuma Dinatha. Saya bingung mencari tempat massage untuk dia. Tak lama,lahir lagi anak kedua Made Shiratna Shivari Kusuma Dinatha tahun 2012. Dua bulan kemudian saya meninggalkannya (anak, red) untuk mengikuti training internasional di Singapura tahun 2013 tentang pentingnya massage bagi bayi, kejiwaan bayi, aromaterapi yang baik untuk bayi, dan lainnya. Labatu sendiri berasal dari bahasa Sansakerta berarti kebahagiaan. Saya berharap, siapapun datang ke Labatu akan semakin bahagia.

Kapan Labatu pertama melayani masyarakat Batam dan Kepri?
Selasa (3/12/2013) adalah hari bersejarah bagi kita. Ketika itu, Labatu diresmikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam Dra Hj Rekaveny. Labatu ditangani terapis berpengalaman dan kita telah memiliki dua sertifikat internasional, yakni International Infant Massage dan International Massage in The School Program. Dengan kondisi tersebut spa ini dapat menjadikan pilihan tepat untuk memanjakan bayi dan anak-anak.

Tujuan kehadirannya?
Secara umum, kita hadir untuk memberikan pelayanan perawatan spa, treatment dan lainnya bayi, balita, anak-anak, remaja, ibu hamil, kakek nenek, satu keluarga (bapak, ibu, anak). Itu sisi ekonominya. Pada sisi lain, keberadaan Labatu juga sebagai upaya untuk membantu masyarakat dan pemerintah. Terutama sekali dalam upaya menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Labatu ini Saya lihat agak unik.
Ha ha. Betul banyak orang bilang begitu. Tempat seperti ini mungkin hanya satu-satunya di Batam, dan Kepri. Tempatnya juga strategis di jantung Kota Batam, Kepri Mall. Jadi, tanpa perlu pergi jauh-jauh, masyarakat Kepri sebelum atau sesudah belanja di Kepri Mall, bisa mendapatkan perawatawan spa dan treatment.

Jam operasinya?
Labatu beroperasi mula pukul 10.00 sampai 21.00 WIB setiap hari. Konsumen dan calon konsumen akan dilayani terapis (karyawan yang memberikan terapi, red) yang mendapakan pelatihan dan pengalaman tentang spa dan treatment dengan baik.

Paket-paket yang ditawarkan?
Ada beberapa paket yaitu Spa Package untuk ibu dan wanita kaum wanita yang terdiri dari pamper me up terdiri dari foot bath, face massage dan totok wajah, dan indulgence massage. Lalu relaxing berupa foot bath, indulgence massage, chocolate/ coffee scrub, face massage dan totok wajah. Whitening berupa foot bath, indulgence massage, green tea scrub, dan milk bath. Slimming berupa foot bath, slimming massage, mandar scrub, dan herbal bath. V-Spa berupa foot bath, indulgence massage, lulur, dan ratus. Mom and Princess berupa foot bath, indulgence massage, bust treatment, milk bath, fruit scrub, dan free milk bath. Juga ada Ada treatment untuk prewedding (pranikah, red). Khusus untuk treatment ibu hamil, terbagi menjadi berapa usia kehadilan si ibu. Misalnya, ibu usia kehamilan 1-3 bulan, biasa sering mual, muntah, emosinya naik turun, dan lainnya. Mereka menjalanan treatment singkat agar mereka segar kembali.

Ada untuk anak-anak dan kaum remaja?
Pasti. Ini paket andalan kita, yaitu kid’s massage, tutty furity bath, my star package (massage + tutty fruity bath), sparkling nail (including nail polish), dan princess fun hair do.

Bagaimana pelayanan untuk bayi?
Bayi juga menjadi pelanggan yang sangat kami utamakan. Kita menyediakan paket pelayanan bayi (babby treatmetn) berupa baby massage, swim up my baby, dan Labatu baby package. Sedangkan bayi yang boleh di-massagearus sudah lepas pusar dan lukanya sudah kering.

Pelayanan lain?
Paket kita relatif banyak. Ada Ala Carte Spa Treatment yang terdiri dari indulgence massage, aroma therapy massage, body scrup, ratus, foot reflexology, rejuvenation facial, face massage dan totok, spa manicure/ pedicure, hair creambath, hair and scalp treatment, serta wash dan blow. Ini sangat baik untuk kesehatan, kesegaran, baik untuk muka, rambut, dan badan.

Berhasil di Kepri Mall, Anda membuka cabang lagi?
Permintaan masyarakat terhadap perawatan spa, dan treatment ini semakin meningkat. Banyak kawan, tetangga, dan pelanggan yang meminta saya membuka tempat baru di sekitar sekupang. Usai berdiskusi dengan keluarga dan kawan-kawan, Labatu Baby Kids & Spa kembali diresmikan di Harris Waterfront Resort Sekupang, Senin (3/11/2014).

Pelanggan Anda kebanyakan dari mana saja?
Umumnya masyarakat Batam, Kepri pada umumnya. Pada Sabtu dan Minggu (weekend, red) wisatawan Malaysia, dan Singapura banyak datang meminta perawatan dan memanjakan diri.

Bagaimana cara sehingga Labatu bisa memiliki 1.897 member (anggota, pelanggan, red)?
Seperti tadi, kita di Labatu tidak semata mencari keuntungan. Kami di sini juga mencari saudara, keluarga sambil bekerja. Kalau dengan keluarga, kan kita bicara uang. Uang nomor kesepuluh. Begitu juga dengan pelanggan. Kita utamakan kenyamanan, dan ketenangan. Saat memberikan treatment, kita bercerita, tertawa, berpikir, dan ikut memberikan masukkan bila mereka membutuhkan. Hal ini yang membuat pelanggan senang, dan kembali lagi di waktu mendatang.

Apa ada orang-orang salon, pemilik salon menjadi pelanggan Labatu?
Umumnya kejadian seperti pertanyaan tadi jarang terjadi. Di Labatu hal itu bukan hal aneh. Salon mungkin banyak. Tapi pemilik salon, dan karyawan salonnya malah datang ke Labatu untuk mendapatkan berbagai pelayanan. Kenapa itu terjadi? Ya kita tidak membedakan orang, kita perlakukan semua orang sebagai kawan. Semua kita harus melayani sepenuh hati, dengan sabar dan penuh kasih sayang.

Itu yang membuat pelanggan senang, betah, dan kembali lagi?
Benar sekali. Hal seperti inilah yang selalu kami utamakan dan kami berikan kepada pelanggan. Semua pelayanan penuh kesungguhan, penuh kehangatan.

Ada contoh lain sehingga pelanggan menjadi senang?
Banyak. Salah satunya ada bayi yang sedang di-treatment atau dimasukkan ke dalam bak mandi. Mendadak bayinya menangis tidak berhenti. Otomatis treatment dan mandi di bak batal. Itu tidak apa. Pelayanan dibatalkan dan pelanggan (orang tua bayi, red) tidak dikenakan biaya. Mereka boleh pulang dan datang lain kali di waktu yang tepat.

Wah, menarik dan sangat bersahabat.
Pada saat mau treatment, terapis kami akan menanyakan kepada pelanggan apakan sudah makan atau belum. Kalau sudah makan, maka harus menunggu sekitar 10-15 menit. Sebab kalau di-treatment perut tidak boleh kenyang betul, dan tidak kosong sama sekali. Itu tidak baik bagi perut, dan kesehatan pelanggan. Lampu di ruangan treatment juga disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Apakah lampunya mau terang, sedang, remang-remang, atau bagaimana. Semua ditanyakan, dibicarakan tanpa mengikuti aturan yang kaku.

Bapak-bapak bisa dilayani di sini?
Ya, tapi ada syaratnya. Bapak tadi harus ditemani anak dan istrinya. Jadi tidak menimbulkan fitnah. Bagi keluarga, kita sediakan tempat perawatan di lantai dua dan tiga. Semua dilayani dengan tempat, aroma, ruangan, bathroom yang terbaik.

Banyak keluarga, bapak dan ibu serta anak-anaknya dilayani di sini?
Tidak terhitung. Mereka bahkan menjadi pelanggan tetap kami sejak 2013 lalu hingga sekarang. ***
Biodata

Nama Lengkap:
Ely Kusuma Widiastuti

Panggilan:
Ely

Tempat Lahir, Tanggal:
Denpasar, 1 Maret

Saudara:
Anak Keempat dari Enam Bersaudara

Anak:
Dua Orang

Suami:
I Wayan Soma Dirgantara Dinata

Pendidikan:
Universitas Atmajaya, Yogyakarta
Diploma di Sidney, Australia

Advertisements

May 19, 2017 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

1 Comment »

  1. […] Suprizal Tanjung’s Surau […]

    Pingback by Jadikan pelanggan sebagai Keluarga kedua | Pegawai Negeri | May 21, 2017 | Reply


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: