Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Irwan Prayitno Buka Sumatera Barat Expo 2017 di Kepri

Di Dataran Engku Putri Batamcenter Batam

BATAM (BP) – Gelaran Sumatera Barat Expo 2017 yang diadakan di dataran Engku Putri Batamcenter, dibuka Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc malam ini, Kamis (9/11/2017). Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga Minggu (12/11/2017) ke depan.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (kedua dari kanan) memberikan cenderamata kepada Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si.  didamping Wali Kota Batam, H Muhamad Rudi pada pembukaan Sumatera Barat Expo di Dataran Engku Putri Batamcenter, Kamis (8/11/2017). F Cecep Mulyana/Batam Pos

“Dalam pembukaan dihadiri Muspida Sumbar serta Kepri, dan organisasi perantau Minang yang ada di Batam,” ujar Kepala badan penghubung Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Andre, Rabu (8/11/2017).

Pembukaan yang diisi dengan penampilan kesenian khas Sumbar ini, juga berkolaborasi dengan kesenian Melayu sebagai adat budaya dari tuan rumah. “Sesuai dengan tema merajut serumpun Melayu, kami juga mengajak masyarakat setempat untuk menikmati gelaran seni dua suku ini,” terangnya.

Lanjut Andre, terselenggaranya event akbar Provinsi Sumbar di Kota Batam tidak lepas dari peran aktif Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kota Batam, yang memiliki anggota dari perantau Minang cukup banyak di banding beberapa daerah lainnya.

“Gubernur juga akan melantik kepengurusan IKSB Batam yang baru di acara pembukaan Sumbar Expo 2017 tersebut,” jelasnya.

Pemilihan Kota Batam sebagai tuan rumah Sumatera Barat Expo ke 6 ini didasari letak geografis Batam yang begitu dekat dengan negara tetangga, Malaysia dan Singapura. Dalam hal ini, penyelenggara mengharapkan adanya peningkatan kunjungan wisata mancanegara ke Sumbar, terutama dalam hal peningkatan investasi.

“Sumbar yang sekarang sudah menjadi destinasi wisata halal, tetap digalakkan dengan keanekaragaman budaya, keindahan alam, serta kuliner yang dapat mencuri perhatian wisman. Dan semua itu kita pamerkan di sini,” papar Andre.

Kegiatan selama 4 hari itu, menghadirkan pameran lengkap mengenai Sumbar atau Minangkabau, mulai dari pagelaran seni budaya, festival kuliner Minang Nusantara, paket tour wisata, industri kreatif dan produk unggulan daerah Sumbar, business meeting, serta acara-acara tambahan lainnya. “Terdaftar sudah ratusan stand yang diisi peserta dari Sumbar maupun lokal,” sebutnya.

Selain itu, rangkaian kegiatan Sumatera Barat Expo 2017 juga diawali dengan temu ramah perantau Minang, serta kegiatan gelar potensi dan temu usaha (GPTU) oleh Gubernur Sumbar dalam pembahasan peluang dan potensi tanah Minangkabau untuk menarik investor. (nji)

Advertisements

November 13, 2017 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: