Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Lubukbaja Kota Tebar 1.000 Alquran Tiap Tahun

Petugas Parkir pun Ikut Ditertibkan

SEKTOR keagamaan bagian terpenting dan sangat diperhatikan di Kelurahan Lubukbaja Kota. Salah satu bentuk perhatian di bidang ini adalah dengan membagikan 1.000 unit Alquran kepada masyarakat setiap tahunnya.

‘’Bagi-bagi Aquran ini adalah program tahunan kita di Lubukbaja Kota,’’ sebut Lurah Lubukbaja Kota, Joko Santoso Sip didampingi Sekretaris Lurah Lubukbaja Kota, Diah Amalia Sari SSTp di Kantor Lurah Lubukbaja Kota, Kamis (23/11/2017).

Joko mengatakan, Alquran tadi adalah milik masyarakat dan dikembalikan (didistribusikan, red) ke masyarakat setiap selesai salat tarawih di seluruh masjid Lubukbaja Kota.

Untuk pengumpulannya kata Joko, setiap muslim atau muslimah yang mampu, atau siapapun yang ingin berpartisipasi, dipersilakan untuk membantu menambah jumlah Alquran yang dikumpulkan pihak kelurahan.

Alquran tadi sebut Joko, harus dalam bentuk fisik Alquran. Bukan dalam bentuk uang. Alquran lebih dipilih karena lebih aman, Insya Allah sampai, dibandingkan dengan mengumpulkan/ menerima uang.

‘’Kita menerima Alquran secara fisik. Alquran-nya harus lengkap 30 juz, tidak boleh kurang barang satu juz pun,’’ sebut Joko sedikit bergurau.

Karena perhatian kepada sektor agama, kelurahan ini kerap mendapat juara dalam berbagai kegiatan. Salah satunya dengan meraih juara pertama saat acara Pawai Takbir 2017. Patung onta yang dibawa oleh kafilah Kelurahan Lubukbaja Kota mendapat nilai yang cukup tinggi. Usai pawai, patung onta yang dibawa di atas mobil itu kini disimpan di kantor kelurahan. Kemungkinan besar, patung itu nantinya akan kembali digunakan saat pawai takbir Idul Fitri tahun mendatang

Untuk kegiatan keagamaan lainnya tambah Diah Amalia Sari SSTp, pihak kelurahan bersama 41 Ketua RT, dan 12 Ketua RW terus melakukan koordinasi. Mereka turun ke tempat ibadah masyarakat, menanyakan apa kendala, apa yang belum selesai dan lainnya.

Joko melanjutkan, mereka berupaya bisa menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat. Contohnya adalah masalah parkir. Joko pernah mendatangi dan menertibkan tukang parkir. Petugas tersebut disuruh memakai seragam, topi, dan menunjukkan tiket parkir. Jangan sampai uang pengendara motor/ mobil diminta, tapi tiket tidak diberikan. Ini jelas menyalahi aturan.

Sektor lain yang juga sangat diperhatikan dan dijaka oleh Joko adalah masalah kebersihan. Melalui informasi di grup Whatapps, perangkat RT, RW, dan kelurahan saling memberitahu dimana saja titik sampah yang tidak selesai, berserakan, dan tidak diangkut petugas kebersihan. Komunikasi yang mereka bangun membuahkan hasil cukup menggembirakan. Biasa dikatakan, hampir semua masalah sampah cetap teratasi di kelurahan yang penduduknya sebagian besar bergerak di bidang usaha/ perdagangan ini. ***

 

 

 

 

Advertisements

November 23, 2017 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: