Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Tingkatkan Akhlak Iman dan Takwa

Mabit di SMP IT Nurul Muhajirin

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

SISWA-SISWI Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Nurul Muhajirin Batam mengikuti kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) di Jalan Tiban Indah, Komplek Masjid Al Muhajirin, Tiban, Sekupang, Batam, Jumat (24/11/2017) mulai pukul 16.30 sampai pukul 23.00 WIB.

Siswa-siswi SMP IT Nurul Muhajirin berkumpul di halaman sekolah, Jalan Tiban Indah Sekupang, Komplek Masjid Al Muhajirin Batam, Sabtu (4/6/2011). F Suprizal Tanjung

Mabit kali ini melibatkan seluruh siswa, dari kelas VII sampai kelas IX dengan jumlah 355 orang. Tak hanya siswa, majelis guru pun turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Sebanyak 30 guru hadir dan turut membimbing para siswa dari sore hingga pagi.

Kegiatan Mabit ini diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh Dapin Islami Pasya kelas VII B. Selanjutnya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP IT Nurul Muhajirin, Asfarina, S.Si. membuka secara resmi kegiatan intelektual generasi muda yang dibalut dengan keimanan dan ketakwaan.

Dalam pesannya, Kepala SMP IT Nurul Muhajirin, H Masykur Usman Piri, S.Pd. yang tidak sempat hadir malam itu menyampaikan, semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan dan diikuti seluruh siswa di setiap semester.

‘’Target kita agar siswa-siswi dapat meningkatkan kualitas akhlak, iman, dan taqwanya. Dan apa yang didapat dari kegiatan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Masykur yang baru saja melaksanakan umrah (haji) mulai 12-23 November 2017.

Ketua Panitia Mabit, Amiludin, S.Pd, dalam sambutannya mengatakan, kKegiatan ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan sebelum siswa-siswi melaksanakan ujian semester ganjil maupun genap.

Mabit kali ini mengusung tema Bergerak dan Memotivasi dalam Mencari Ilmu Menuju Masa Depan Gemilang. Dengan tema tersebut, kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi siswa-siswi untuk terus mempelajari ilmu agama.

‘’Sehingga berguna untuk masa depan dan dapat menjadi generasi Rabani yang andal dalam segala bidang,’’ papar Amiludin.

Amiludin berharap, kegiatan ini akan memberi nafas baru bagi para siswa dalam menghadapi ujian nanti. Di samping siap materi pelajaran para siswa pun harus siap mental menghadapi ujian semester ganjil nanti

Setelah melaksanakan salat Maghrib dan Isya, para siswa membentuk kelompok dan melaksanakan tadarus (membaca Alquran, red) bersama, dan dibimbing majelis guru. Sedangkan acara puncak yaitu tausiyah dan muhasabah diberikan ustaz Muhammad Candra. Para siswa dan majelis guru larut dalam muhasabah yang menyentuh, dan membuat mereka introspeksi atas segala kesalahan yang telah dilakukan. Mereka juga diajak untuk beritikad memperbaiki diri, agar bisa menjadi pribadi lebih baik lagi.

Untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha kuasa, pada pukul 03.00 WIB dilaksanakan salat tahajud dan dilanjutkan dengan salat Subuh berjamaah di Masjid Al-Muhajirin.

Pada pukul 05.30 WIB para siswa bersama majelis guru melakukan jogging ke Pantai Mentarau, Ciptaland. Kegiatan ini sebagai akhir dari Mabit. ***

Advertisements

November 28, 2017 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: