Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Ingin Penuhi Hak-Hak Satpam

Kisah Inspiratif Warga Batam: Ahmad Arifin

DIREKTUR PT Avava Duta Indonesia, Ahmad Arifin melihat kehidupan satuan pengaman (satpam) banyak suka duka. Mengamankan usaha orang lain. Menjaga hak orang lain agar bisa terpenuhi. Tapi haknya sebagai satpam kurang diperhatikan. Memprihatinkan.

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

Lelaki berambut lurus ini adalah Human Resource Development (HRD) di perusahaan Tanjung Pantun yang bergerak di bidang developer mulai tahun 1998 sampai 2011. Di sana, banyak pengalaman didapat lelaki kelahiran Perigi Raja Inhil, Riau, 10 September 1970 ini. Salah satu yang sangat berkesan adalah kehidupan para satpam. Sebagai user (pengguna jasa, red) para satpam, Arifin sedikit demi sedikit mulai mengatahui bagaimana kehidupan para satpam, tantangan, peluang, sekaligus juga harapan.

Ahmad Arifin (kanan) juga menerima piagam penghargaan dari Brigjen Polisi, Yotje Mende di lapangan Engku Putri Batam Centre, Rabu (9/1/2013). F Suprizal Tanjung

Saking dekatnya dengan kehidupan para satpam, anak kedua dari tujuh bersaudara ini menjadi bagaian dari kehidupan satpam. Dia mulai mempelajari bagaimana agar bisa mengelola, memimpin para satpam.

‘’Akhirnya, harapan itu terpenuhi dengan didirikannya perusahaan PT Avava Duta Indonesia pada tahun 2011 lalu,’’ sebut Ahmad Arifin, Senin (11/12/2017).

Mula-mula beroperasi, kata bapak tiga anak ini, mereka hanya bisa menyalurkan 20 satpam ke berbagai perusahaan di Batam. Seiring dengan berjalannya waktu. Tingkat kepercayaan para user (pengusaha, pengguna jasa, red) semakin bertambah. Tidak membutuhkan waktu lama. Permintaan tenaga pengaman ke PT Avava Duta Indonesia semakin bertambah. Kini setidaknya ada 400 satpam di bawah bendera PT Avava Duta Indonesia telah disalurkan ke berbagai perusahaan seperti shipyard, mal, perumahan, supermarket, dan lainnya. Permintaan terhadap jasa satpam di pelabuhan pun kini bisa dipenuhi. Dasarnya, PT Avava Duta Indonesia telah memiliki ISPS Code.

Hal ini sesuai dengan semangat dan keinginan dari Bapak Satpam Indonesia, Jenderal (Pol) Purn Prof Dr Awaloedin Djamin MPA yang menginginkan agar satpam mempunyai peran lebih besar di mata masyarakat. Satpam bukan hanya mampu menciptakan keamanan, namun juga mengerti apa yang dibutuhkan masyarakat.

Lelaki lulusan SMA di Tembilahan Riau ini menyebutkan, untuk membuat senang para satpam kata Arifin, mereka berupaya segala kebutuhan tenaga profesional ini terpenuhi. Misalnya dengan pembayaran BPJS, Tunjangan Hari Raya (THR), gaji tepat waktu dan lainnya.

Guna meningkatkan kemampuan para satpam sebut Arifin, maka PT Avava Duta Indonesia yang merupakan bagian dari Badan Jasa Usaha Pengamanan (BJUP), bekerja sama dengan Ditbinmas Polda Kepri. Mereka juga terus membekali diri para satpam dengan pelatihan guna mendapatkan sertifikasi Gada Pratama (pendidikan satpam, red). Aturan untuk memiliki sertifikasi Gada Pratama itu sudah mulai berlaku sejak 2007. Polda sendiri menargetkan hingga tahun 2018 seluruh satpam sudah memiliki sertifikasi, minimal Gada Pratama.

Arifin menambahkan, upaya lain membesarkan dan meningkatkan kepercayaan user terhadap PT Avava Duta Indonesia adalah dengan upaya meraih ISO 9001 2015 tentang manajemen mutu. Lalu, melengkapi perusahaan dengan sertifikat Gada Pratama dari Maber Polri.

Diakui Arifin, saat ini tingkat kepercayaan masyarakat, perusahaan, dan pengusaha terhadap satpam semakin tinggi. Satpam sebagai perpanjangan tangan polisi, tidak hanya dituntut untuk menciptkan keamanan di lingkungan dan tempat bekerja, tapi juga diminta peka, peduli, dan menyatu dengan masyarakat.

PT Avava Duta Indonesia kata sebut Arifin, terus mendekatkan diri dengan masyarakat. Salah satu caranya dengan menggelar donor darah pada berbagai kesempatan. Bersama Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI), serta Badan Jasa Usaha Pengamanan (BJUP) di Batam mereka memberikan bantuan kepada panti asuhan, gerak jalan santai, menanan pohon sebagai bentuk gerakan penghijauan, membersihkan lingkungan, dan lainnya. ***

Advertisements

December 12, 2017 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: