Suprizal Tanjung's Surau

Aneka Ragam Tulisan Wartawan dan Lainnya

Nurdin Isra Mikraj di Baloi Kolam

Masjid As-Sobirin Dihadiri Ratusan Warga

GUBERNUR Kepulauan Riau (Kepri), Dr H Nurdin Basirun SSos MSi menghadiri Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW di Masjid As-Shobirin, Baloikolam, Kelurahan Seipanas, Kecamatan Batamkota, Batam, Sabtu malam (6/4/2019) mulai pukul 19.30 WIB sampai selesai.

SUPRIZAL TANJUNG, Batam

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten I Provinsi Kepri, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, Camat Batam Kota diwakili Kasi Trantib, Junaidi SKM MH, Lurah Seipanas, Tommy Armi SSos.

Juga hadir caleg Partai Nasdem Batam, Taufik Muntaser, caleg Partai Nasdem Kepri, Nangro, sesepuh masyarakat, Tohiri, tokoh masyarakat, Imron, Sujono, Yanto Lombok, Jaid, Suroto, Ketua RT 02 RW 16, Suwaji, Pimpinan Hadroh, ustaz Khadoli, Pengurus Pemuda Pancasila (PP) Ranting Seipanas dikomandoi Sumono. Sedangkan kajian agama disampaikan ustaz Daeng Basir Fasaby.

Nama Nurdin menjadi magnet bagi masyarakat. Sekitar 600 masyarakat hadir bersilaturahmi dengan pemimpin di Provinsi Kepri ini.

Dalam sambutannya Nurdin menyebutkan sangat berbagia dengan antusias masyarakat Baloikolam menghadiri acara tahunan umat Islam. Secara terang-terangan Nurdin mengakui dia mau diundang lagi di ke Baloikolam. Kebersamaan, kekompakan, dan semangat warga untuk hadir bersilaturahmi, sekaligus mengambil hikmah perjalanan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW, sangat baik. Situasi dan kodisi ini jelas sangat penting.

‘’Karena di dalamnya mengandung nilai-nilai kebersamaan dan kesetiaan. Ini perlu ditingkatkan demi terciptanya tujuan bersama yang baik,’’ sebut Nurdin.

Nurdin juga mengimbau masyarakat terus menjaga kebersamaan dan kesetiaan terhadap sesama muslim, kepada masyarakat yang heterogen. Ini penting untuk membangun Kepri agar lebih maju dibandingkan daerah lain. Bila hal ini bisa dicapai, akan terjadi satu perubahan demi tercapainya keadilan dan kemakmuran yang merata di tengah masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia Isra Mikraj, Mariyon SPd didampingi ustaz Naim Fayumi SSos dalam sambutannya mengatakan, satu anugrah dari Allah untuk mereka atas kehadiran Gubernur Kepri. Mereka sangat senang. Puluhan tahun tinggal di daerah ini, relatif jarang pejabat eksekutif mau singgah.

‘’Kami telah menunggu kehadiran Pak Nurdin sejak lama. Kini baru terealisasi. Ini sangat membahagiakan kami, warga Baloikolam,’’ sebut Mariyon yang juga Ketua Forum Komunikasi Pemuda Pemudi Nusantara (FKPPN) tersebut.

Mariyon berdoa agar Nurdin diberikan rida oleh Allah SWT. Serta diberikan jalan kemudahan, diberikan semangat, kekuatan, umur panjang sehingga kuat membangun Kepri demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah. Untuk meraih itu semua, diperlukan keselarasan pandangan, tidak membedakan SARA, saling menghargai walau berbeda. Semua tetap satu dalam konsep Pancasila, salah satu isinya Ketuhanan Yang Maha Esa.

Kunci keberhasilan suatu daerah bila masyarakat bisa membangun kebersamaan dan kesetiaan, dalam satu emosional. Dalam satu perkampungan, lebih luas lagi pada satu pemerintahan, masyarakat mempunyai satu ikatan, dengan tujuan meraih dan meningkatkan pembangunan kini dan nanti.

Mariyon yang juga Koordinator Program Pembangunan Masjid menyebutkan, mereka mempunyai tiga program, yaitu: membangun masjid, penerangan akses menuju masjid, lalu pengecoran akses menuju masjid. Puluhan tahun kondisi jalan masih tanah, dengan program masjid, jalan sudah disemen sebagian. Itu semua tidak lepas dari sifat warga Baloikolam yang mau membangun, cinta kebersamaan, dan setia dalam mencapai cita-cita bersama.

Kebersamaan dalam lingkup gotong-royong, kebersamaan menyumbang harta untuk semenisasi jalan, kesetiaan dalam berbagai agama, tetapi tetap satu pandangan yaitu Tuhan yang Maha Esa. Termasuk dalam Israk Mikraj ini. Hal ini selaras dalam konsep bunyi Pancasila yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. ***

April 9, 2019 - Posted by | Pagaruyung Minangkabau

No comments yet.

Leave a comment