Suprizal Tanjung's Surau

Aneka Ragam Tulisan Wartawan dan Lainnya

Rahmi, Istri Bung Hatta, Batal Membeli Mesin Jahit

ROSIHAN Anwar, wartawan senior Indonesia, menceritakan sebuah episode dalam rumah tangga Bung Hatta, pendiri republik ini.

Bung Hatta 2

Mohammad Hatta.

Awal tahun 1950-an uang kertas Indonesia mengalami pengguntingan. Nilainya dipotong separo. Ny. Rahmi (istri Bung Hatta) waktu itu sedang menabung karena mau membeli sebuah mesin jahit. Dia kecewa karena pengguntingan uang itu. ia mengeluh kepada Bung Hatta kenapa tidak bilang terlebih dahulu bahwa akan diadakan pemotongan uang?

Hatta menjawab, “Yuke (panggilan Bung Hatta kepada istrinya), seandainya Kak Hatta mengatakan terlebih dahulu kepadamu, nanti pasti hal itu akan disampaikan kepada ibumu.

Lalu kalian berdua akan mempersiapkan diri dan mungkin akan memberitahu kawan-kawan dekat kalian. Itu tidak baik. Kepentingan negara tidak ada hubungan sangkut pautnya dengan usaha memupuk kepentingan keluarga. Rahasia negara adalah tetap rahasia. Sesungguhnya saya bisa percaya kepadamu, tetapi rahasia ini tidak patut dibocorkan kepada siapa pun. biarlah kita rugi sedikit, demi kepentingan seluruh negara. Kita mencoba menabung lagi, ya?”

Begitulah sikap para pendiri republik ini. Bung Hatta, juga Bung-Bung lainnya, menempatkan kepentingan bangsa dan negaranya di atas kepentingan pribadi. ***

Sepotong episode Rahmi Hatta

August 20, 2015 - Posted by | Pagaruyung Minangkabau

No comments yet.

Leave a comment